Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Usus dan Cegah Diabetes

Kompas.com - 02/11/2021, 11:19 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menjaga kesehatan usus memang penting. Berbagai studi ilmiah menyebutkan bahwa kadar mikrobioma seimbang dalam usus dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Bahkan, mikrobioma usus yang sehat juga diyakini dapat membantu kita melawan diabetes.

Colleen Cutcliffe, PhD, ahli biologi yang berkonsentrasi pada penelitian biokimia dan metabolisme, serta CEO Pendulum Therapeutics, mengungkapkan ada penelitian yang menyoroti pentingnya mikrobioma usus dalam mencegah diabetes.

Cutcliffe berpendapat bahwa makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan usus karena dapat memperlambat penyerapan gula yang menghasilkan lonjakan gula darah setelah makan  lebih rendah.

Serat juga bisa menjadi makanan bagi Akkermansia muciniphilia, strain mikrobioma usus.

Karena itu, Cutcliffe merekomendasikan kita memakan makanan berserat tinggi agar menjaga kesehatan usus dan mencegah diabetes. Nah, berikut makanan yang ia rekomendasikan.

Baca juga: Jenis-jenis Diet Terbaik dan Terburuk untuk Kesehatan Usus, Apa Saja?

Apel

Apel menempati urutan pertama dalam daftar makanan berserat tinggi dan ramah usus dari ahli biokimia ini. Tidak mengherankan, sebab satu buah apel memiliki kandungan serat sekitar 4.4 gram. Selain itu, apel memiliki pektin yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Barley

Makanan yang sering dimasukkan ke dalam sup ini mengandung cukup banyak serat. Karena itu, barley sangat cocok untuk dikonsumsi kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Wortel

Makanan lain yang mengandung serat dan mencegah diabetes lainnya adalah wortel. Sayuran satu ini mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Mengonsumsi Wortel

Oat

Cutcliffe juga merekomendasikan oat sebagai makanan kaya serat yang baik untuk usus kita. Selain itu, kandungan serat beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon kenyang kita, sehingga dapat menahan lapar lebih lama, menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko obesitas.

Kacang polong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com