Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah-buahan yang Boleh dan Baik Dikonsumsi Anjing

Kompas.com - 02/11/2021, 11:57 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber PetMD

KOMPAS.com - Anjing peliharaan merupakan salah satu hewan omnivora. Artinya, anjing membutuhkan kombinasi makanan hewani dan tumbuhan untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Menurut seorang dokter hewan dan penulis di Pet MD, Ellen Malmanger, anjing dapat memakan beberapa jenis buah, namun ada buah lainnya seperti anggur dan kismis yang bisa sangat beracun untuk anjing.

"Sebenarnya makanan anjing yang berkualitas sudah bergizi lengkap. Tapi kita bisa menambahkan buah-buahan untuk camilan," terangnya.

Sebelum kita memberikan buah pada anjing, periksa dulu daftar buah-buahan mana yang aman dan pastikan untuk bertanya kepada dokter hewan jika anjing memiliki kondisi tertentu.

Misalnya, anjing yang mengalami obesitas, diabetes, batu kandung kemih, dan kondisi lainnya tidak boleh diberi makan buah tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa buah-buahan yang boleh dan baik dikonsumsi anjing peliharaan kita berikut ini.

1. Blueberry

Blueberry adalah buah yang rendah kalori dan tinggi vitamin C, serat, antioksidan, serta fitokimia (senyawa kimia dalam tanaman yang telah ditemukan untuk membantu melawan kanker pada manusia).

Blueberry juga terbukti dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari, membantu mencegah kerusakan sel, dan membantu fungsi mental pada hewan yang menua.

Baca juga: Tips Memiilih Makanan Anjing yang Tidak Akan Membuatnya Kecewa

2. Stroberi

Stroberi merupakan sumber vitamin C, potasium, serat, dan antioksidan yang baik. Buah ini juga mampu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Saat memberikannya pada anjing, terutama yang lebih kecil, stroberi harus dipotong kecil-kecil atau dihaluskan untuk menghindari anjing tersedak.

3. Semangka

Ya, anjing memang dapat memakan semangka, tetapi kulit dan biji semangka harus dibuang sebelum memberikannya kepada anjing.

Sebab, kulit dan biji semangka bisa menyebabkan anjing tersedak atau mengalami penyumbatan pada usus.

Halaman:
Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com