Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2021, 15:07 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Setelah beberapa kali terlihat di media sosial, Amazfit akhirnya resmi merilis smartwatch terbarunya bulan ini, tepatnya pada Kamis (4/11/2021).

Menurut informasi, ada tiga smartwatch yang diluncurkan, yaitu satu seri GTS yang berbentuk kotak, dan dua seri GTR yang berbentuk bulat, yakni Amazfit GTR 3 dan GTR 3 Pro.

Di antara ketiganya, seri GTR 3 Pro mengusung spesifikasi yang lebih tinggi. Bodi arloji pintar ini dibalut dalam material casing berbahan aluminium alloy.

GTR 3 Pro memiliki layar AMOLED seluas 1,45 inci atau lebih luas dari pendahulunya, GTR 2, dengan tingkat kerapatan piksel 275 ppi dan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits.

Tingkat kecerahan ini memungkinkan pengguna melihat layar dengan jelas walau di bawah sinar Matahari yang terang. Sementara fresh rate pada layar juga meningkat sebesar 67 persen, memudahkan pengguna saat melihat layar dengan cepat.

Baik GTR 3 atau GTR 3 Pro sama-sama dibekali lebih dari 150 mode olahraga dan lebih dari 150 pilihan tampilan layar.

Berbagai tampilan layar pada smartwatch Amazfit Berbagai tampilan layar pada smartwatch Amazfit
Karena salah satu mode olahraganya adalah berenang, maka smartwatch ini dibekali fitur ketahanan air 5 ATM sehingga pengguna dapat memakainya untuk berenang atau berhujan-hujan.

Beberapa fitur lain yang disematkan termasuk pengenalan olahraga otomatis, pemantauan detak jantung, pemantauan oksigen dalam darah (SpO2), pemantauan tingkat stres, deteksi tingkat pernafasan, pelacakan tidur, dan pelacakan siklus menstruasi.

GTR 3 Pro juga sudah didukung dengan fitur Always On Display yang memberi pilihan pada pengguna untuk terus menyalakan layar dengan tampilan sederhana (hanya menunjukkan waktu) yang hemat energi.

Sementara GTR 3 versi "biasa" memiliki desain bodi dan spesifikasi layar yang serupa dengan versi Pro. Bedanya, smartwach ini memiliki ukuran layar 1,39 inci, lebih kecil dibanding GTR 3 Pro.

Tapi karena memiliki layar yang lebih besar, daya tahan baterai GTR 3 Pro tak selama GTR3. Dengan kapasitas baterai 450 mAh, GTR 3 Pro diklaim dapat bertahan selama 12 hari pemakaian. Sebagai perbandingan, GTR 3 dapat bertahan selama 21 hari penuh.

Sedangkan GTS 3 tersedia dalam dua ukuran layar, yakni 1,65 inci dan 1,75 inci dan dapat menyala hingga 6 hari penggunaan.

Baca juga: Smartwatch Makin Canggih, Fiturnya Makin Banyak

Amazfit GTR 3 Pro Amazfit GTR 3 Pro
Baik GTR 3, GTS 3, dan GTR 3 Pro harus dipasangkan dengan sistem operasi baru Zepp OS yang bisa didownload di smartphone. Sistem operasi ini membawa sejumlah perubahan dari segi tampilan antarmuka.

Kelebihan lain yang ditawarkan smartwatch ini termasuk kemampuan sinkronisasi data pada aplikasi Apple Health dan Google Fit, dan sudah kompatibel dengan aplikasi populer seperti Strava, Relive, dan RunKeeper.

Lalu untuk keperluan hiburan, Amazfit menyediakan fitur penyimpanan 2,3 GB sehingga pengguna dapat menyimpan musik serta memutarnya langsung pada smartwatch. Kita bisa mendengarkan musik ini secara langsung lewat speaker smartwatch, atau lewat earphone yang dijual terpisah.

Amazfit GTR 3 dan GTS 3 bisa didapatkan dengan harga Rp 2.399.000, sementara Amazfit GTR 3 Pro dapat dibeli seharga Rp 3.199.000 di toko resmi Amazfit di Shopee maupun Tokopedia.

Selama periode peluncuran, pembeli bisa mendapatkan Mi TV Sticker, Black Shark TWS Lucifer, atau Miniso Earphone secara gratis.

Baca juga: Amazfit GTR 2, Smartwatch Berbentuk Klasik dengan Fitur Lengkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com