Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Turunkan Kadar Kolesterol Jahat Secara Alami

Kompas.com - 04/11/2021, 13:44 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kolesterol tinggi tentu tak boleh disepelekan karena berisiko memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan juga stroke.

Untuk itu, kita perlu menjaganya agar tetap normal dengan melakukan berbagai cara, baik dari cara alami maupun dengan meminum obat dan suplemen penurun kadar kolesterol.

Sayangnya, tidak semua obat dan suplemen penurun kolesterol baik untuk semua orang.

Mereka yang menderita penyakit arteri koroner atau penyakit arteri karotis -misalnya, tak cocok mengonsumsi obat-obatan semacam ini.

Baca juga: 4 Olahraga untuk Turunkan Kolesterol Jahat

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menurunkan kadar kolesterol jahat (Low-density lipoprotein -LDL) secara alami.

Nah, ahli jantung preventif Leslie Cho, MD, membagikan beberapa cara yang terbukti dapat menurunkan kadar LDL secara alami.

1. Ubah kebiasaan makan

Cara tepat untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah mulai dengan mengganti lemak tidak sehat (jenuh) dengan lemak sehat (tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda).

“Ini berarti kita harus menjadi pembaca label makanan,” kata Dr. Cho.

“Sangat penting untuk membatasi asupan lemak jenuh. Seharusnya, tidak ada lebih dari dua gram lemak per porsi dan itu harus mencakup kurang dari tujuh persen dari asupan kalori harian,” tambah dia.

Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam minyak kelapa sawit dan minyak kelapa, atau produk hewani seperti daging sapi, daging babi, kulit ayam, hot dog, dan keju.

2. Tingkatkan konsumsi serat

Menurut Dr. Cho, idealnya, seseorang harus mendapatkan 25-35 gram serat per hari. Sebab, serat membantu mengikat kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh.

Baca juga: 9 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol, Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Untuk meningkatkan asupan serat, makanlah lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan seperti kacang-kacangan dan lentil, sayuran, serta buah-buahan.

Kandungan di dalam bahan makanan tersebut bermanfaat untuk menurukan kolestereol dari serat larut dan manfaat kesehatan usus yang lebih terjaga dari serat tak larut.

Menurunkan kolesterol juga bukan satu-satunya manfaat mendapatkan cukup serat loh.

Asupan serat yang cukup juga akan mengurangi risiko penyakit, mencegah sembelit, dan membuat kita kenyang lebih lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com