Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 10:15 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cara merawat rambut kering bisa bervariasi, termasuk memilih produk rambut yang membantu melembapkan, mengubah kebiasaan merawat rambut, dan melakukan perawatan rambut kering dengan bahan-bahan alami.

Beberapa penyebab rambut kering meliputi frekuensi penggunaan alat styling yang terlalu sering, menggunakan pewarna rambut, terlalu sering keramas, terlalu sering mengenakan pengering rambut, kekurangan asupan nutrisi tertentu, dan lainnya.

Menurut MedicineNet, rambut kering akan lebih rentan kusut, rusak, dan rontok karena kehilangan kelembapannya. Untuk itu, mencari cara merawat rambut kering yang tepat bisa membantu mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang dan Sulit Diatur

Cara merawat rambut kering secara alami

Ada beberapa cara merawat rambut kering yang mudah dipraktikkan untuk mengembalikan kelembapan rambut, di antaranya:

  • Memakai conditioner secara rutin

Menggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut.SHUTTERSTOCK Menggunakan kondisioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut.
Rambut akan kehilangan kelembapan dan minyak alami setiap kali kita keramas. Untuk itu, menggunakan conditioner secara rutin setelah mencuci rambut adalah bagian dari cara merawat rambut yang baik karena dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut. Kita bisa menggunakan conditioner bilas maupun conditioner leave-in.

Baca juga: Masih Perlukah Pakai Conditioner Setelah Keramas?

  • Menghindari styling rambut

Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering.UNSPLASH/ANDREA DONATO Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering.
Jika tidak bisa menghindarinya sama sekali, cobalah untuk mengurangi frekuensi styling rambut sebagai cara merawat rambut kering. Mengaplikasikan panas pada rambut, seperti mengeriting, meluruskan, atau mengeringkan, berpotensi menimbulkan banyak kerusakan.

Jika memungkinkan, hindari pula mencuci rambut menggunakan air panas. Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membantu mengunci kelembapan di batang rambut.

Baca juga: 3 Tips Styling Simpel ala Met Gala

  • Menggunakan serum rambut

Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupa mengaplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.FREEPIK/SVETLANASOKOLOVA Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupa mengaplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.

Serum rambut tak hanya melembapkan rambut, tetapi juga melindunginya dari efek kerusakan karena paparan sinar matahari, panas, dan kotoran. Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupakan tips ini. Aplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Luar Dalam untuk Atasi Rambut Rontok

  • Pijat kulit kepala dengan minyak hangat

Pijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya.PEXELS/BENNIE LUKAS BESTER Pijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya.
Cara ini dapat membantu sebagai cara merawat rambut kering dengan melembapkannya. Cara ini juga membantu menstimulasi folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk membantu memulihkan dan mencegah kerusaman, lakukan pijat ringan selama 30-60 menit sebelum kemudian membilas rambut.

Kita juga bisa menggunakan campuran minuman zaitun atau minyak kelapa yang ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak pohon teh atau minyak peppermint untuk menstimulasi folikel rambut.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

  • Memakai masker rambut

Telur juga dapat menjadi bagian dari cara merawat rambut kering.PEXELS/KLAUS NIELSEN Telur juga dapat menjadi bagian dari cara merawat rambut kering.
Telur juga dapat menjadi bagian dari cara merawat rambut kering. Tambahkan beberapa putih telur ke sampo yang kita gunakan dan cuci rambut dengan campuran tersebut.

Kita juga bisa menyiapkan masker rambut menggunakan telur dengan cara menambahkan dua sendok teh yogurt dan satu sendok teh madu ke dalam telur. Campur bahan dengan baik, kemudian oleskan pada rambht yang sudah dicuci. Biarkan selama sekitar 30-60 menit, kemudian cuci rambut. Perawatan dengan telur akan membuat rambut lebih halus, bervolume dan berkilau.

Baca juga: Ketahui Cara Tepat Memecahkan Telur Tanpa Mengotori Tangan

  • Menggunakan masker minyak kelapa

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sebagai bagian dari cara merawat rambut kering, rebus daun kari dan minyak kelapa selama 2-3 menit, kemudian mendiamkannya di tempat yang sejuk selama beberapa hari.FREEPIK/FREEPIK Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sebagai bagian dari cara merawat rambut kering, rebus daun kari dan minyak kelapa selama 2-3 menit, kemudian mendiamkannya di tempat yang sejuk selama beberapa hari.
Menurut Medical News Today, minyak kelapa memiliki efek menenangkan dan melembapkan saat dioleskan ke rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai bagian dari cara merawat rambut kering, rebus daun kari dan minyak kelapa selama 2-3 menit, kemudian mendiamkannya di tempat yang sejuk selama beberapa hari.

Setelah campuran dingin, kita bisa mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala, kemudian gosok dengan lembut. Kemudian, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

  • Menggunakan pasta alpukat

Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan mengaplikasikan pasta alpukat.UNSPLASH/BETHANY RANDALL Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan mengaplikasikan pasta alpukat.
Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan mengaplikasikan pasta alpukat. Alpukat kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral. Semuanya bisa membantu memulihkan kerusakan rambut dan rambut kering dengan memberikan kelembapan dan menguatkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com