Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2021, 21:04 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber yourtango

KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasa sulit sekali menahan rasa ingin memakan sesuatu meski sebelumnya telah memakan berbagai jenis makanan dalam porsi besar dalam kurun waktu yang singkat?

Jika iya, mungkin kamu mengalami binge eating disorder (BED).

Mereka yang mengalami BED biasanya selalu ingin makan meski perutnya tak lapar.

Tak hanya itu, terkadang penderita BED juga mengalami gangguan yang berhubungan dengan mental, seperti perasaan cemas, putus asa, tidak percaya diri, dan sensitif atau kesal saat berbicara tentang makanan atau mendengar tentang body shaming.

Terkadang, ada pula yang berhasil “sembuh” dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi, namun gagal.

Lantas, apakah kebiasaan binge eating ini bisa dihentikan?

Jawabannya, bisa. Melansir YourTango, alasan mengapa binge eating sulit dihentikan adalah karena biasanya orang-orang terlalu fokus pada kebiasaan binge eating-nya. Padahal, waktu setelah binge eating lah yang harus diperhatikan.

Baca juga: Terus Makan Meski Kenyang? Mungkin Kamu Mengidap Binge Eating

Nah untuk menghentikan siklus binge eating, ada tiga langkah yang bisa kita jajal.

1. Menyeimbangkan diri

Mungkin kita berpikir bahwa setelah melakukan binge eating, keesokan harinya kita harus membuat diri kelaparan. Padahal, tidak begitu. Kita harus menjaga keseimbangan, bukan melakukan penebusan dosa.

Ingat, meski tubuh telah dimasuki berbagai makanan, tubuh tetap memerlukan bahan bakar keesokan harinya. Jadi, jika tidak lapar, tidak perlu makan. Namun saat lapar, makanlah dengan menu seimbang.

Lalu, waktu sehabis binge eating juga bukan waktu yang tepat untuk olahraga berat. Jika kita memang terbiasa berjalan kaki atau pergi ke gym, lanjutkan. Namun, jangan memaksakan membakar kalori berlebih akibat binge eating.

Menahan diri dari makanan atau mencoba menghilangkan kelebihan asupan hanya akan membuat kita depresi, yang berpotensi menjadi pendorong binge eating selanjutnya.

Salah satu alasan mengapa diet sering kali tidak berhasil adalah karena kita sendiri yang menciptakan rasa kekurangan yang mendorong kita untuk makan berlebihan dan mengonsumsi makanan yang kurang baik bagi tubuh.

Jadi, jika mengalami binge eating, lebih baik kita berhenti diet dan lebih memperhatikan apa, kapan, dan berapa banyak makanan harus kita konsumsi.

Halaman:
Sumber yourtango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com