Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Variasi Permainan Bersama Anak di Rumah

Kompas.com - 06/11/2021, 17:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh buruk pada kesehatan mental dan kondisi psikologis anak karena harus lebih banyak berada di dalam rumah.

Anak-anak menjadi lebih rewel, terganggu suasani hatinya dan cenderung stres. Apalagi mereka juga harus dibebani dengan tanggung jawab sekolah secara virtual yang tidak memberikan kesempatan berinteraksi langsung dengan teman sebayanya.

Pritta Tyas Mangestuti, M.Psi, psikolog klinis dan keluarga mengatakan banyak anak terhambat tumbuh kembangnya selama pandemi. Meskipun orangtua lebih banyak di rumah dan mendampingi anak namun fokusnya terbagi.

Ayah dan ibu masih harus tetap bekerja dan mengurus rumah sehingga energinya terkuras. Banyak juga yang mengalami masalah psikologis akibat kondisi pandemi yang serba tidak pasti.

Baca juga: Anak yang Dibebaskan Bermain di Luar Tumbuh Lebih Percaya Diri

"Telat bicara yang paling banyak terjadi terlambat tumbuh kembang, umumnya karena tidak punya lawan berinteraksi yang sebaya," jelasnya.

Menurutnya, salah satu solusi terbaik adalah mengajak anak bermain dengan memberikan jenis dan variasi permainan yang tepat.

"Orangtua memiliki peran penting untuk dapat mengeksplorasi ide bermain yang variatif untuk menghibur si kecil.”

Selama ini banyak orangtua merasa tidak memiliki pilihan permainan yang variatif karena hanya berada di dalam rumah. Padahal, ada alternatif permainan yang bisa dilakukan bersama anak dengan memanfaatkan perlengkapan yang ada di rumah.

Misalnya saja permainan role play yang tidak membutuhkan ruangan yang luas. Orangtua bisa berkreasi dengan meemanfaatkan perlengkapan di rumah sebagai alat permainan.

Kemudian bangun narasi yang cocok untuk dijadikan bahan permainan bersama anak.

Baca juga: Sadari, 3 Manfaat Penting Bermain bagi Tumbuh Kembang Anak

Bisa juga melakukan aktivitas fisik dengan menggunakan perabotan di rum

IKEA Indonesia meluncurkan kampanye Ayo Main untuk menekankan pentingnya bermain bersama anak IKEA Indonesia meluncurkan kampanye Ayo Main untuk menekankan pentingnya bermain bersama anak
ah seperti kursi atau tangga, yang aman bagi anak. Susun agar anak bisa bergerak dan tambahkan narasi yang imajinatif untuk menambah seru permainan.

Pritta juga menyarankan permainan sensorik yang bukan hanya menarik bagi anak namun juga bermanfaat sebagai stimulasi.

Kampanye Ayo Main dari IKEA

Bermain bagi anak penting untuk kesehatan mental, mempererat hubungan dengan orangtua maupun tumbuh kembang anak sehingga wajib diupayakan.

Untuk membantu para orangtua, IKEA Indonesia menginisiasi kampanye Ayo Main (Let’s Play) bertajuk “Bebas #Mainkan Sesukamu”.

Baca juga: Pahami Manfaat Bermain Catur bagi Anak

Kampanye ini dilakukan dalam berbagai acara daring mulai dari serial webinar yang membahas topik-topik parenting menarik dan ide bermain yang tersedia di situs IKEA.co.id.

"Kampanye Ayo Main merupakan bentuk komitmen kami untuk mewujudkan visi IKEA yaitu menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang," jelas Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally dalam virtual press release pada Sabtu (06/11/2021). 

Ia mengatakan sejumlah seri mainan dari brand perabotan rumahan ini juga bisa melengkapi kegiatan bermain di rumah seperti LILLABO, JATTELIK, DJUNGELSKOG, LUSTIGT, dan BYGGLEK.

IKEA juga berkolaborasi dengan Save The Children dengan berdonasi untuk program Senyum untuk Anak. Setiap pembelian boneka seri DJUNGELSKOG di seluruh gerai IKEA Indonesia berarti memberikan donasi sebesar 1 Euro atau sekitar Rp16.000.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk bantuan kepada anak-anak yang terdampak Covid-19.

Baca juga: Cara Menjaga Mood Anak Ketika Terlalu Lama Berada di Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com