Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali, Sederet Manfaat Biji Labu bagi Kesehatan

Kompas.com - 08/11/2021, 12:43 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain buahnya, biji labu ternyata juga dapat dikonsumsi sebagai camilan bergizi yang menawarkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Biji labu bisa dinikmati mentah atau dipanggang untuk menghidupkan rasa, aroma, dan tekstur, serta meningkatkan jumlah antioksidan yang tersedia.

"Biji labu adalah sumber protein nabati dan nutrisi lain yang baik sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kita dari penyakit tertentu," kata ahli diet, Maxine Smith, RD.

Baca juga: Manfaat Penting Biji Labu bagi Kesehatan Tubuh

Di samping itu, protein biji labu adalah protein yang berkualitas sangat tinggi — sebanding dengan protein kedelai — dengan mengandung semua asam amino esensial yang kita cari di luar daging.

Dengan banyaknya nutrisi berharga yang dapat kita temui di dalamnya, maka biji labu juga dapat mencegah risiko-risiko terjadinya penyakit sebagai berikut.

1. Mengurangi risiko kanker

Telah terbukti bahwa diet yang kaya akan biji labu dapat mengurangi risiko kanker payudara, perut, paru-paru, prostat, dan usus besar.

Sebuah studi observasional besar menemukan bahwa memakan biji labu dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Studi lain juga menunjukkan bahwa lignan dalam biji labu dapat memainkan peran kunci mencegah dan mengobati kanker payudara.

Studi tabung reaksi lebih lanjut bahkan menemukan suplemen yang mengandung biji labu berpotensi memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

2. Meningkatkan kesehatan usus dan prostat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biji labu dapat membantu meredakan kandung kemih yang terlalu aktif dan hiperplasia prostat (kondisi prostat yang menyebabkan masalah dengan buang air kecil).

Dalam studi satu tahun, lebih dari 1.400 pria dengan hiperplasia prostat yang mengonsumsi biji labu bisa mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan, mengonsumsi biji labu atau produknya sebagai suplemen dapat membantu mengobati gejala kandung kemih yang terlalu aktif.

Baca juga: 6 Makanan Tinggi Serat untuk Kesehatan Usus dan Cegah Diabetes

Satu studi pada 45 pria dan wanita dengan kandung kemih yang terlalu aktif menemukan bahwa 10 gram ekstrak biji labu setiap hari meningkatkan fungsi kemih.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi

Biji labu adalah sumber antioksidan, magnesium, seng, dan asam lemak yang baik, yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan, minyak biji labu dapat mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kadar kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com