Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kita Sebaiknya Membuka Pintu Mobil dengan Tangan Kiri?

Kompas.com - 09/11/2021, 08:30 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat berkendara di jalanan, tentu kita harus berhati-hati guna menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Hal ini terutama jika kita hidup di perkotaan, di mana lebih banyak orang menggunakan jalan dan beberapa di antaranya berkendara dengan kurang hati-hati dan berpotensi membahayakan nyawa orang lain.

Bahkan mobil yang tengah diparkir di jalan saja bisa membahayakan orang lain loh, terutama para pesepeda.

Mengapa?

Sebab, seperti yang kita ketahui, para pesepeda sering terjepit di antara mobil yang terparkir dan arus lalu lintas. Karena itulah, mereka rawan menabrak saat sebuah pintu mobil terbuka.

Namun, tenang saja. Ada sebuah solusi mudah: membuka pintu mobil dengan tangan kiri bila stir mobil kita di kanan, dan sebaliknya membuka dengan tangan kanan bila stir berada di kiri.

Nah, untuk mengetahui alasan mengapa harus membuka pintu mobil dengan tangan kiri, simak paparan berikut ini.

Fenomena dooring

Saking seringnya para pesepeda atau pemotor menabrak pintu mobil yang dibuka tiba-tiba, ada sebuah istilah yang lahir, yaitu dooring.

Sayangnya, dooring rupanya cukup sering terjadi. Di Amerika, ada lebih dari 250 kasus pesepeda menabrak pintu mobil yang terbuka pada tahun 2015. Sementara itu di New York, setidaknya tiga orang pesepeda tewas akibat dooring pada tahun 2019.

Untuk itu, dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran di antara para pengemudi taksi, New York City menempelkan stiker berbunyi “LOOK! For Cyclists” di seluruh 13.000 taksi di kota itu.

Ini menjadi awal baik bagi kota yang melayani sekitar 336.000 penumpang setiap harinya. 

“Dutch Reach”

Nah, selain langkah pencegahan yang dilakukan New York, ada satu cara sederhana yang membuat kita dapat memastikan keamanan para pesepeda. Yaitu, dengan membuka pintu mobil dengan tangan yang tidak bersebelahan dengan handel pintu.

Tips ini datang dari Belanda, karena itulah cara ini disebut dengan nama “Dutch Reach.”

Cara melakukannya sederhana, jika kita duduk di kursi pengemudi saat berada dalam mobil yang terparkir dan ingin ke luar dari mobil, jangan buka pintu dengan tangan kanan, meski tangan kanan berada di sebelah handel pintu.

Lebih baik, bukalah pintu dengan tangan kiri. Gerakan sederhana ini akan membuat kita memutar seluruh tubuh bagian atas, dan memandang melewati kaca spion, sehingga kita bisa melihat ke bagian belakang mobil dan jalanan di baliknya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com