Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Bikin Kita Gagal Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 09/11/2021, 11:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara atau pola diet yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita tetap bisa menghindari makanan olahan atau yang terlalu banyak gula karena itu juga bisa berbahaya bagi kesehatan kita.

Meski demikian, ada juga beberapa hal lain yang tanpa kita sadari sering kita lakukan dan justru membuat proses penurunan berat badan jadi tidak efektif.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak delapan hal yang bikin kita gagal menurunkan berat badan, seperti berikut ini.

1. Tidak makan protein di pagi hari

Pemilik sekaligus kepala pelatih di Bloom Training, Anthony Coffey mengatakan bahwa satu hal yang dilakukan oleh 90 persen kliennya (yang tidak bisa menurunkan berat badan) adalah mereka melewatkan protein saat sarapan.

"Mengonsumsi protein dalam jumlah cukup, terutama saat memulai hari, tidak hanya mengarah pada efek termal yang lebih tinggi (membakar lebih banyak kalori sepanjang hari)," terangnya.

"Tetapi juga membuat massa tubuh tanpa lemak yang lebih baik dan mampu membantu metabolisme kita," sambung dia.

Asupan protein juga dapat mengurangi hasrat makan, gangguan suasana hati, lekas marah, stres, dan tingkat kelelahan sepanjang hari, yang semuanya bisa mengarah pada penambahan berat badan.

Baca juga: 4 Sumber Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

2. Tidak bersyukur

Pola pikir kita rupanya penting untuk membantu tekad menurunkan berat badan. Sebab, apabila kita tidak disiplin dengan tujuan, maka peluang kita untuk sukses juga sangat tipis.

"Sering memiliki lingkungan mental yang tidak sehat dapat meningkatkan kemungkinan makan berlebihan dan emosional," ungkap direktur Bang Fitness di Toronto, Geoff Girvitz.

"Oleh karena itu, mempraktikkan rasa syukur bisa menjadi strategi untuk menciptakan pola makan yang cukup dan tidak berlebihan," lanjut dia.

Rasa syukur dan kelimpahan juga harus dimunculkan agar kita tidak merasa tertekan ketika harus membatasi makanan.

3. Makan karena kelaparan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com