Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Zee Zee Shahab Kontrol Konsumsi Gula Anaknya

Kompas.com - 11/11/2021, 16:27 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gula memang diperlukan tubuh untuk memberikan energi, termasuk bagi anak-anak. Namun jika dikonsumsi berlebihan, tentu memiliki dampak yang kurang baik, seperti dapat membuat gigi berlubang dan rusak, obesitas, hingga meningkatkan risiko diabetes.

Untuk itu, para orang tua perlu mengawasi asupan gula tambahan yang dikonsumsi anak agar berbagai dampak buruk itu tak terjadi. Namun, bagaimana sebaiknya cara orang tua membatasi asupan gula tambahan anak?

Nah, mungkin trik dari aktris Zee Zee Shahab bisa membantu kita.

“Anakku apalagi yang paling besar, itu nggak suka makan makanan manis ya. Susu coklat, iya, tapi dia nggak terlalu suka makan makanan kayak permen begitu. Lebih suka air putih,” ujar Zee Zee dalam webinar Peluncuran Milo Less Sugar pada Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Virtual Running karena Masa Pandemi, Zee Zee Shahab Mengaku Rindu Suasana Marathon di Luar Negeri

Dia mengatakan, sejak kecil sudah membiasakan anak-anaknya untuk tidak makan gula berlebihan.

"Kalau mau makan makanan manis, ya sebagai reward saja,” tambahnya.

Zee Zee sebenarnya merasa kalau ia sedikit “galak” dengan menetapkan kebiasaan itu. Namun di saat yang sama, ia mengaku puas karena dengan cara itu anaknya paham kalau mengonsumsi gula berlebih itu tidak baik.

“Mungkin agak galak ya, tapi sebagai orang tua kan ingin yang tebaik. Tapi aku senang sih, karena sampai sekarang akhirnya anaknya sudah berusia sembilan tahun dia tahu kalau nggak boleh terlalu banyak konsumsi gula,” katanya.

Olahraga rutin

Tak cukup hanya membatasi asupan gula di keluarganya, Zee Zee juga berusaha mengurangi dampak buruk konsumsi gula berlebih dengan membiasakan anak dan keluarganya untuk berolahraga.

“Kita kan harus bergerak aktif ya agar tetap sehat dan mengurangi dampak buruk konsumsi gula berlebih. Jadi, aku sih punya challenge sendiri,” ujarnya.

Challenge-nya itu, aku membiasakan anak-anak aku untuk bebas memilih olahraga apa saja yang dia mau, misalnya lari, berenang, atau apa saja, selama tiga hari dalam satu minggu, nanti olahraga bareng aku. Pokoknya, satu minggu harus tiga kali ada latihan fisik deh,” pungkasnya.

Baca juga: Awalnya Tak Suka Lari, Zee Zee Shahab Pernah Ikut Tokyo Marathon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com