Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2021, 20:08 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Clean Link

KOMPAS.com - Microfiber kini menjadi andalan bagi banyak orang untuk mengelap perabotan di dalam rumah yang berdebu.

Kain microfiber memang memiliki efek kapilaris cappilary effect yang bisa menyerap kotoran secara sempurna dan mampu menyerap air lebih efektif ketimbang bahan lap lainnya.

Walau begitu ada juga orang yang lebih menyukai lap dari bahan katun. Walau sama-sama mampu menghilangkan debu dari permukaan benda, tetapi ada perbedaan antara kedua jenis kain ini.

Yuk cari tahu apa perbedaan di antara kedua bahan lap tersebut? 

Baca juga: Ciptakan Rumah Sehat tanpa Debu, Intip 9 Tips Cara Mengakalinya

Microfiber vs katun

Lap dari katun terbuat dari serat kapas alami, sedangkan microfiber terbuat dari bahan sintetis, yang biasanya dibuat dari campuran poliester-nilon.

Dalam hal ini, microfiber lebih halus dari kapas karena ukurannya 1/100 diameter rambut manusia atau sekitar sepertiga diameter serat kapas.

Meski microfiber lebih halus dari kapas, katun tetap lembut dan tidak akan menggores permukaan benda yang dibersihkan. Harganya juga murah dan bisa didapatkan di mana saja.

Tapi, saat digunakan untuk mengelap permukaan benda, katun tidak bisa sepenuhnya mengangkat kotoran. Katun justru mendorong kotoran dan bisa menampung bau atau bakteri.

Baca juga: Masih Banyak yang Jarang Merawat Lap Microfiber Meski Sering Dipakai

Untuk proses pembuatannya, katun juga memakan banyak waktu. Sebab, diperlukan proses pengeringan biji kapas hingga pengumpulan serat pada kapas.

Sedangkan, microfiber dapat menahan air hingga tujuh kali beratnya yang membuatnya sangat efektif untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran dari permukaan. Karena itu, microfiber dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama asal dirawat dengan benar.

Meski jika dilihat memiliki banyak keunggulan, microfiber memiliki beberapa keterbatasan. Di antaranya, proses produksi microfiber lebih mahal bila dibandingkan dengan katun. Selain itu, microfiber memerlukan teknik pencucian khusus.

Namun para ahli kebersihan mengatakan, jika dibandingkan secara berdampingan, microfiber jelas lebih unggul dari katun. Oleh sebab itu, mereka merekomendasikan urusan kebersihan lap kepada microfiber.

 

Baca juga: 3 Cara Mencuci Lap Dapur yang Kotor dan Bau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Clean Link
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com