Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2021, 21:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami fluktuasi atau naik turun berat badan, terlepas dari diet atau gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Faktanya, fluktuasi adalah kejadian yang benar-benar alami dan normal dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya.

"Berat badan kita akan berfluktuasi antara 1-3 persen setiap hari, terlepas dari perubahan komposisi tubuh (rasio berapa banyak lemak tubuh terhadap otot yang kita miliki)," jelas pelatih pribadi dan manajer pendidikan pelatih Ultimate Performance, Emily Servante.

Meski demikian, fluktuasi berat badan tidak selalu mudah untuk dipahami, apalagi bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Untungnya, ada alasan yang mudah dijelaskan mengapa fluktuasi berat badan bisa terjadi dan itu merupakan hal yang normal.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa penyebab berat badan kita berfluktuasi, seperti yang dilansir dari laman Women's Health.

1. Mengonsumsi lebih banyak makanan padat kalori

Makanan padat kalori (alias makanan yang memiliki rasio kalori tinggi) cenderung mengandung kadar natrium (garam) yang lebih tinggi.

Ini dapat menyebabkan tubuh kita menahan air dan muncul sebagai peningkatan skala berat badan.

"Banyak hal yang mempengaruhi aliran air masuk dan keluar dari sel kita, tergantung berapa banyak air yang kita simpan saat kita minum," terang ahli gizi terdaftar dan pendiri City Dieticians, Sophie Medlin.

Penyimpanan cairan didasarkan pada seberapa banyak zat tertentu yang kita miliki dalam aliran darah dan kebutuhan tubuh untuk mencairkannya.

Misalnya, ketika kita makan banyak garam, tubuh kita perlu mengencerkannya dalam darah, sehingga kita merasa lebih haus dan menyimpan lebih banyak air untuk mengurangi kadar garam dalam sirkulasi dan sel.

Untuk itu, kita harus mengonsumsi segala makanan dalam jumlah sedang dan ini terutama berlaku untuk makanan padat kalori.

Baca juga: Makanan Tinggi Kalori yang Bantu Penurunan Berat Badan

2. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat

Karbohidrat adalah makronutrien penting yang dibutuhkan manusia untuk berfungsi dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com