Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2021, 09:10 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat adalah masalah kulit yang paling banyak dikeluhkan. Di masa pandemi, makin banyak orang yang mengalami masalah ini karena pemakaian masker.

Ada banyak faktor pemicu jerawat, mulai dari paparan suhu dan kelembapan tinggi, kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan olahan, penggunaan makeup, hingga penggunaan masker saat beraktivitas.

Mask acne --atau juga disebut maskne, merupakan efek samping akibat penggunaan masker yang dapat menimbulkan jerawat hingga masalah kulit lain seperti kemerahan, benjolan, dan iritasi.

Dr Arini Widodo, SpKK, mengatakan, maskne bisa terjadi karena penumpukan minyak, kotoran, dan keringat di area kulit yang tertutup masker.

Baca juga: Mengenal Maskne dan Cara Menanganinya

"Maskne juga dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seperti kebiasaan tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker," kata Arini dalam webinar peluncuran Nivea Oil & Acne Care MicellAir pada Rabu (17/11/2021).

Penyebab maskne pada setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kulit individu.

Pada berbagai kasus, maskne adalah hasil dari pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri, dan sel kulit mati di kulit.

Ketika seseorang memakai masker, zat ini dapat menumpuk lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori.

Pemakaian masker wajah akan menyebabkan kelembapan berlebih karena pernapasan dan keringat, dan memicu risiko jerawat.

Baca juga: Benarkah Pori-pori Kulit Wajah Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasannya

Tidak hanya itu, maskne juga bisa disebabkan oleh gesekan. Bahan masker wajah dapat bergesekan dengan kulit, yang membuat kulit menjadi lecet dan iritasi.

Memakai masker yang sudah dicuci dengan deterjen, atau masker yang digunakan berulang-ulang, akan menyebabkan iritasi pada kulit dan akhirnya maskne tak dapat dihindari.

Mencegah maskne

Arini mengatakan, agar terhindar dari maskne, kita perlu memakai masker yang bersih.

"Masker yang kita gunakan harus bersih, dan wajah juga bersih sebelum dan sesudah memakai masker agar tidak ada kelembapan berlebih," terang dia.

Jika kita ingin memakai masker dalam waktu lama --seperti saat berada di luar rumah, Arini menganjurkan untuk mengganti masker setiap empat jam.

Baca juga: Ketahui Bahaya Pakai Masker Berulang Kali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com