Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Tips Pintar Menyimpan Uang dari Orang Kaya di Dunia

Kompas.com - 20/11/2021, 12:03 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berusaha menabung dan menyimpan uang memang tidak selalu mudah. Terkadang, kita tetap gagal menabung meski sudah menekan pengeluaran.

Namun, jika tahu triknya, sebenarnya kita bisa membuat rencana keuangan yang akan menguntungkan kita di masa depan nanti.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menabung dari berbagai jutawan terkenal, seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Singkirkan kartu kredit

Menurut pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban, katu kredit adalah investasi buruk karena suku bunganya yang tinggi.

Selain suku bunga tinggi untuk utang kartu kredit, membayar dengan kartu kredit juga bisa membuat kita menghabiskan lebih banyak uang tanpa disadari.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Marketing Letters, peneliti MIT menemukan bahwa orangi menghabiskan hingga 100 persen lebih banyak saat membayar dengan kartu kredit dan bersedia membayar dua kali lipat untuk suatu barang dibandingkan mereka yang membayar tunai.

Pantau proses menabung

Mengawasi kemajuan tabungan dapat meningkatkan motivasi dan membuat kita bertanggung jawab saat menabung.

Bahkan, pendiri Microsoft Bill Gates membagikan sebuah tip bermakna sama dalam surat tahunan 2013 untuk Bill and Melinda Gates Foundation. Berikut bunyinya:

“Pada tahun lalu saya berulang kali dikejutkan oleh betapa pentingnya pengukuran untuk memperbaiki kondisi manusia,” tulisnya.

“Anda dapat mencapai kemajuan luar biasa jika menetapkan tujuan yang jelas dan menemukan ukuran yang akan mendorong kemajuan menuju tujuan itu,” ujarnya.

Intinya, baik menggunakan aplikasi anggaran atau daftar kertas sederhana, melacak tabungan dapat membawa kita lebih dekat untuk mencapai tujuan kita.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Sulit Kaya, Menurut Para Miliarder

Hidup sederhana

Hidup sederhana itu penting. Ambil contoh salah satu orang terkaya di dunia, CEO dari Berkshire Hathaway, Warren Buffett yang memiliki kekayaan 88 miliar dolar AS atau sekitar Rp1,25 triliun.

Buffett masih menggunakan sebuah ponsel flip dan tinggal di rumah yang dibelinya pada tahun 1957 dengan harga 31.500 dolar AS atau sekitar Rp 448 juta. Lalu, pengusaha minyak T. Boone Pickens juga hanya mengisi lemarinya dengan barang-barang dasar.

“Orang-orang selalu terkejut bahwa saya tidak memiliki lemari yang penuh dengan jas,” kata Pickens kepada Kiplinger.com.

“Saya membeli tiga setelan setiap lima tahun atau lebih dan hanya memiliki sepuluh buah. Hanya itu yang saya butuhkan,” ujarnya.

Investasi untuk diri sendiri

Menginvestasikan uang memang penting. Namun menurut Tucker Hughes yang menjadi milyuner di umur 22 tahun, investasi terpenting adalah investasi untuk diri sendiri.

“Membaca setidaknya 30 menit sehari, belajar bahasa asing, dengarkan podcast yang relevan saat mengemudi, dan cari mentor yang baik adalah investasi,” tulisnya dalam unggahan di blognya.

"Mengonsumsi pengetahuan layaknyai udara dan menempatkan belajar di atas segalanya akan menjamin pengembalian investasi yang besar—tidak peduli ke mana arah pasar saham berjalan,” kata Hughes.

Baca juga: Inilah Perilaku yang Tak Dilakukan Orang-orang Kaya

Mengurangi “jajan”

Ketika jutawan Chris Reining menjadi kecewa dengan pekerjaannya di bidang IT (teknologi informasi), dia memutuskan untuk mulai menabung lebih dari setengah pendapatannya.

Pada usia 35 tahun, dia telah mengumpulkan uang sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,24 miliar.

Rahasianya? Menghilangkan pembelian kecil yang tidak perlu, seperti membeli kopi.

“Saya tahu banyak orang mengatakan kita tidak perlu khawatir membeli kopi seharga lima dolar saja, tetapi semakin saya memikirkannya, memotong biaya itu adalah cara baik untuk memulai,” kata Reining dalam sebuah wawancara dengan CNBC Make.

Tetapkan tujuan besar

Meskipun mengurangi pengeluaran kecil adalah awal yang baik, para jutawan juga merekomendasikan untuk bermimpi besar saat menetapkan tujuan penghematan.

“Satu-satunya kesalahan finansial terbesar yang saya buat adalah tidak berpikir cukup besar,” tulis jutawan Grant Cardone dalam sebuah unggahan di blognya.

Dari sana, Brian Lim, jutawan dan CEO Into The Am dan iHeartRaves, menyarankan untuk mengembangkan rencana tindakan dengan bekerja mundur dari jumlah target kita.

“Tentukan angka kebebasan finansial tertentu sebagai tujuan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Santander Bank.

“Kemudian hitung mundur berapa banyak yang harus Anda hasilkan untuk mencapai tujuan itu,” tambahnya.

Baca juga: 7 Kesalahan Mental yang Harus Dibenahi Jika Ingin Kaya...

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com