Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Layar TV dengan Benar, Sudah Tahu Belum?

Kompas.com - 20/11/2021, 19:20 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber rd.com

KOMPAS.com – Layar TV adalah bagian yang harus rutin dibersihkan. Jika tidak, debu dan kotoran yang menempel bisa mengganggu tampilan atau dapat masuk ke sela-sela speaker sehingga mengganggu kejernihan suara.

Perlu diketahui, saat ini sudah berkembang banyak jenis layar TV, mulai dari plasma, LCD, LED, maupun OLED, yang bisa menampilkan kecerahan warna dan detail tampilan yang tajam.

Meski layar TV sudah dirancang sedemikian canggihnya, tidak semua layar TV bisa dibersihkan dengan cara atau bahan pembersih yang sama.

“Membersihkan TV jadul mirip dengan membersihkan jendela. Sedangkan TV modern membutuhkan perawatan lebih,” kata Jessica Ek, seorang ahli kebersihan di American Cleaning Institute.

Cara membersihkan layar TV

Perlu diingat, meskipun semua layar modern dapat dibersihkan dengan cara yang sama, kamu harus sangat berhati-hati dengan jenis pembersih layar TV yang digunakan.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mematikan TV sebelum mulai membersihkan layar. Tujuannya, bukan hanya lebih aman, namun supaya kamu bisa melihat noda dengan jelas. Berikut ini adalah cara-caranya.

1. Bersihkan dengan kain microfiber

Microfiber kini sudah banyak digunakan ibu-ibu rumah tangga untuk membersihkan perabotan yang berdebu. Sebabnya, kain microfiber memiliki efek kapilaris yang bisa menyerap kotoran secara sempurna dan mampu menyerap air lebih efektif ketimbang bahan lap lainnya.

Ek mengtakan, jenis layar TV modern sensitif terhadap tekanan dan mudah tergores. Oleh sebab itu, kain microfiber dinilai cocok sebagai alat pembersih layar TV LCD, OLED, atau plasma.

“Kain mikrofiber ditenun dengan serat yang sangat kecil, membuat tekanan pada layar lebih merata dan mengurangi kemungkinan menyebabkan goresan atau kerusakan,” ujar Ek.

Ia tidak menyarankan penggunaan handuk kertas, tisu, dan bahan lain karena bisa merusak layar TV. Bahkan, untuk TV tabung sekalipun, Ek tetap merekomendasikan kain microfiber. Atau, jika tidak, kemoceng elektrostatik bisa menjadi alternatif.

Baca juga: Kain Lap Microfiber vs Katun, Apa Perbedaannya?

2. Bersihkan sudut dan sisi layar

Sudut dan sisi layar TV merupakan bagian yang sulit dibersihkan. Meski begitu, bagian ini harus tetap dibersihkan.

Kamu harus sering-sering membalik kain saat membersihkan sudut dan sisi layar TV. Sebaiknya juga, kamu selalu menggunakan sisi kain yang bersih saat pembersihan berulang.

Meski terlihat mudah, kamu tidak boleh menekan layar TV terlalu kuat. Sebab, hal ini akan merusak piksel pada layar LCD atau TV plasma.

3. Jangan semprotkan cairan pembersih langsung ke layar

Mengingat tiap jenis layar TV tidak bisa diperlakukan dengan cara dan bahan yang sama, maka jangan semprotkan bahan pembersih apapun ke layar TV secara langsung.

Jika kamu ingin menggunakan cairan pembersih, semprotkan dulu ke kain lain sebelum diterapkan ke layar TV. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan bagian dalam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber rd.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com