Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan yang Dibeli Rp 328 ribu, Nilainya Ternyata Miliaran Rupiah

Kompas.com - 20/11/2021, 19:59 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Keberuntungan dalam hidup bisa menjadi milik siapa saja, termasuk bagi seorang pria asal Boston, AS yang tanpa disadari telah membeli lukisan bernilai ratusan miliar rupiah dengan harga Rp 328 ribu saja, kok bisa?

Pria asal Boston yang tidak ingin disebutkan namanya ini, membeli sebuah lukisan empat tahun yang lalu. Belakangan lukisan itu diketahui ternyata karya pelukis era Renaisans asal Jerman, Albrecht Dürer .

Menurut Agnews Gallery, lukisan yang dibeli pria tersebut benar-benar karya asli dari Albrecht Dürer.

Keaslian dari lukisan itu juga telah dicek oleh kepala kurator di Museum Albertina Wina Christof Metzger bersama dengan mantan kurator British Museum Giulia Bartrum.

Keduanya merupakan kurator terkemuka yang khusus mengamati karya Albrecht Dürer.

Pria Boston yang memiliki karya tersebut, sebelumnya telah mencoba mencari tahu nilai sebenarnya dari lukisan itu selama bertahun-tahun.

Sayangnya, usahanya tidak menemui hasil karena ditolak berkali-kali oleh sejumlah kurator.

Namun, setelah dibawa kepada Clifford Schorer, seorang kolektor Boston dan pemegang saham Agnews, ia mendapat jawaban yang membuatnya terkejut sekaligus gembira.

Schorer kemudian membawa lukisan itu ke sejumlah ahli untuk mengkonfirmasi usia kertas hingga tanda tangan dan watermark.

Menurut The Art Newspaper, gambar itu diduga dibuat pada tahun 1503 sebagai studi pendahuluan untuk lukisan Dürer, berjudul The Virgin and Child with a Flower on a Grassy Bank.

Meski belum ada harga yang ditetapkan lebih lanjut, namun berdasarkan perkiraan, nilai lukisan tersebut bisa mencapai lebih dari Rp 700 miliar.

Baca juga: Lukisan Picasso Terjual Lebih dari Rp 1,4 T di Lelang Sothebys

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com