Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 08:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Manfaat pull up bagi tubuh sangatlah beragam. Pull up adalah latihan kekuatan tubuh bagian atas.

Untuk melakukannya, kita bisa mulai dengan bergelantungan pad pull up bar dengan telapak tangan menghadap ke luar tubuh kita dan tubuh terentang sepenuhnya.

Kemudian, tarik tubuh ke atas hingga dagu berada di atas palang.

Pull up sering dikira sama dengan chin up, namun keduanya berbeda. Pada chin up, telapak tangan dan tangan menghadap ke tubuh.

Meski tergolong latihan lanjutan karena lebih sulit daripada chin up, namun para pemula bisa mencoba pull up modifikasi yang dilakukan dengan mesin dan tetap mendapatkan manfaat pull up bagi tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Push Up, Bolehkah Dilakukan Setiap Hari?

Manfaat pull up bagi tubuh

Melansir Healthline, berikut beberapa manfaat pull up bagi tubuh yang bisa kita dapatkan dengan mempraktikannya secara rutin:

1. Menguatkan otot punggung

Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.
Salah satu manfaat pull up bagi tubuh adalah efektif memperkuat otot punggung.

Beberapa otot punggung yang dilatih ketika melakukan pull up antara lain latissimus dorsi yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat, trapezius yang terletak dari leher hingga kedua bahu, spinae erektor toraks yang membentang di sepanjang tulang belakang dada, dan infraspinatus yang membantu merentangkan bahu dan terletak di tulang belikat.

2. Menguatkan otot lengan dan bahu

Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.SHUTTERSTOCK Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.
Manfaat pull up bagi tubuh lainnya adalah menguatkan otot lengan dan bahu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kita perlu mempraktikannya secara teratur.

Jika kesulitan melakukan pull up penuh, kita bisa melakukan dengan bantuan atau cukup berada pada posisi pull up, yakni menggantung tubuh dari bar, sudah dapat meningkatkan kekuatan sambil kita belajar melakukan gerakan lengkap.

3. Meningkatkan kekuatan cengkraman

Manfaat pull up bagi tubuh berikutnya adalah meningkatkan kekuatan cengkraman.PEXELS/ANETE LUSINA Manfaat pull up bagi tubuh berikutnya adalah meningkatkan kekuatan cengkraman.
Manfaat pull up bagi tubuh berikutnya adalah meningkatkan kekuatan cengkraman.

Kekuatan cengkeraman penting untuk beberapa hal, seperti mengangkat beban dan meningkatkan kinerja di banyak olahraga, seperti golf, tenis, panjat tebing, dan bowling.

Dalam kehidupan sehari-hari, cengkeraman yang kuat juga penting untuk melakukan tugas-tugas seperti membuka wadah makanan yang sulit, mengajak hewan peliharaan berkeliling, dan membawa barang makanan.

4. Meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan

Salah satu manfaat pull up bagi tubuh juga termasuk meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan. Sebab, ketika melakukan pull up, kita akan mengangkat seluruh massa tubuh.PEXELS/SCOTT WEBB Salah satu manfaat pull up bagi tubuh juga termasuk meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan. Sebab, ketika melakukan pull up, kita akan mengangkat seluruh massa tubuh.
Salah satu manfaat pull up bagi tubuh juga termasuk meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan. Sebab, ketika melakukan pull up, kita akan mengangkat seluruh massa tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com