Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Ringan 1,5 Kg dari Baja Sejenis, Ini Wujud Sepeda Baru Brompton

Kompas.com - 22/11/2021, 10:21 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para pecinta sepeda lipat, merek Brompton tentu sudah tak asing lagi. Salah satu kelebihan merek sepeda asal Inggris ini adalah penggunaan material dan tingkat keakuratan saat sepeda dilipat.

Kini untuk semakin menyempurnakan kepraktisan sepeda lipatnya, Brompton mengeluarkan varian teranyar yang beratnya lebih ringan 1,5 kg dari baja sejenis.

Sepeda lipat baru ini merupakan pengembangan dari rencana Brompton yang ingin mengurangi berat sepeda lipatnya sejak tahun 2005 ketika meluncurkan model Superlight.

Tujuh belas tahun berlalu, transformasi dari rencana itu kemudian diwujudkan dalam 

"Brompton P Line yang baru adalah lompatan maju dari Superlight, lebih cepat dikendarai, lebih ringan untuk dibawa, dan lebih mudah untuk bergerak di sekitar kota dalam segala hal,” kata Will Carleysmith selaku Chief Design & Engineering Officer Brompton.

Baca juga: Varian Sepeda Lipat Brompton Segera Berganti Nama, Ada Apa?

“Pengurangan berat yang signifikan dan peningkatan kinerja telah dicapai melalui rangka belakang yang sepenuhnya didesain ulang dan komponen ringan termasuk gearset 4-percepatan yang ringkas," tambahnya.

Keunggulan

Rangka yang didesain ulang untuk P Line ini tetap mempertahankan karakteristik Brompton sebagai model sepeda lipat terbaik.

Sepeda ini memiliki bagian belakang dan garpu titanium serta blok suspensi baru. Hal ini mampu menciptakan frameset yang tidak hanya 700 gram lebih ringan dari baja yang sejenis, tetapi lebih baik dalam meredam guncangan di permukaan jalan apa pun.

Pihak Brompton mengatakan bahwa perpaduan suspensi yang didesain ulang dan material titanium memaksimalkan efisiensi dan responsivitas dengan menggeser daya pedal untuk meningkatkan kontrol dan pengendalian.

Baca juga: Cantiknya Dian Sastro Bersepeda dengan Brompton Titanium

Seperti yang dikatakan Carleysmith, untuk mengurangi berat dari sepeda lipatnya, Brompton tidak hanya memerhatikan bagian rangka tetapi juga komponen P Line.

Dalam hal ini, sepeda lipat baru buatan mereka menggunakan aluminium ringan seperti pada bagian setang dan rantai yang dibuat dari bahan aluminium 6061.

Kalau kamu belum tahu apa itu aluminium 6061, jenis aluminium ini adalah campuran aluminium, magnesium, dan silikon yang bisa menghasilkan besi ringan.

Selain itu, Brompton juga merancang wheelset agar lebih ringan dari sebelumnya tetapi juga tahan lama dan lebih praktis.

Brompton P Line yang terbuat dari material lebih ringan 1.5 kilogram dibanding baja sejenis.Bromptonbicycle Brompton P Line yang terbuat dari material lebih ringan 1.5 kilogram dibanding baja sejenis.

Tidak hanya itu, Brompton juga merancang as roda kunci hex dan hanger mount agar mudah dirawat. Ada juga hub baru yang bisa memaksimalkan 4 percepatan sepeda lipat terbaru ini.

Brompton mengembangkan bagian gear supaya melambangkan ciri khas P Line sebagai sepeda lipat yang ringan dan cepat yang bisa dicapai berkat peningkatan teknik pembuatan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com