Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2021, 15:50 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebelum mengetahui cara minum teh hijau untuk diet, penting untuk memahami mengapa minuman ini diyakini membantu penurunan berat badan.

Teh hijau kaya akan nutrisi dan antioksidan yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mungkin membantu menurunkan berat badan.

Menurut Medical News Today, teh hijau untuk diet dimungkinkan karena minuman ini membantu metabolisme tubuh menjadi lebih efisien.

Metabolisme memungkinkan tubuh mengubah makanan dan minuman menjadi energi yang dapat digunakan secara kolektif.

Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid yang disebut katekin, yang merupakan antioksidan.

Penelitian menemukan bahwa kafein dan katekin yang terkandung di dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme.

Katekin disebut dapat membantu memecah lemak berlebih, sementara katekin dan kafein dapat meningkatkan jumlah energi yang digunakan tubuh.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada 2010 menemukan bahwa suplemen teh hijau yang mengandung katekin atau kafein memiliki dampak kecil namun positif terhadap penurunan dan pengelolaan berat badan.

Menurut Men's Health, sejumlah uji klinis kecil namun terhormat menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang minum teh hijau, baik dalam bentuk minuman atau ekstrak, kehilangan lebih banyak berat badan daripada orang yang tidak meminumnya.

Namun, ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan tidak ada manfaat dari minuman atau suplemen teh hijau.

Menurut konsultan untuk Pengobatan Integratif dan Gaya Hidup dari Cleveland Clinic, Kristin Kirkpatrick, RDN, dalam studi yang menemukan manfaat teh hijau, ada "tren penurunan berat badan" di kalangan para peminum teh hijau. Namun, itu biasanya bukan transformasi total.

Menurut, sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Oklahoma State University, misalnya, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau atau minum teh hijau empat cangkir sehari dapat kehilangan sekitar 0,6 kilogram selama delapan minggu dibandingkan orang yang minum air biasa.

Beberapa penelitian menunjukkan bahkan teh hijau tanpa kafein juga mungkin memberi manfaat yang sama.

Namun, secara umum, perlu dicatat bahwa mengandalkan teh hijau untuk diet tidaklah cukup.

Penting untuk melakukan upaya penurunan berat badan lainnya, seperti olahraga, menerapkan pola makan sehat dan seimbang, serta menghindari stres untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Berapa Lama Hasil Olahraga Terlihat?

Cara minum teh hijau untuk diet

Minum teh hijau untuk diet akan memberikan hasil yang lebih.UNSPLASH/ORIENTO Minum teh hijau untuk diet akan memberikan hasil yang lebih.

Teh hijau tidaklah berbahaya bagi tubuh dan sudah dikonsumsi selama berabad-abad.

Minum teh hijau untuk diet akan memberikan hasil yang lebih maksimal jika dipadukan dengan kebiasaan sehat lainnya.

Namun jika ingin mencoba, berikut cara minum teh hijau untuk diet yang dapat dicoba:

  • Minum antara 2-3 cangkir teh hijau panas sepanjang hari cukup ideal untuk mendukung target menurunkan berat badan. Jumlah pasti teh hijau untuk diet dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung pada seberapa banyak kafein yang mereka konsumsi dan metabolisme alami tubuhnya.
  • Teh hijau polos yang diproses minimal cenderung mempertahankan kandungan nutrisi paling kaya.
  • Ekstrak teh hijau terbukti menurunkan kolesterol pada subjek penelitian dan juga membantu menurunkan tekanan darah di antara peserta penelitian yang obesitas. Beberapa penelitian menggunakan ekstrak teh hijau alih-alih kantong teh hijau.
  • Menurut The Beet, saat menyeduh teh hijau untuk diet, jangan gunakan air yang terlalu matang. Sebab, memasukkan teh hijau celup ke dalam air mendidih dapat merusak katekin yang terkandung di dalamnya. Jadi, setelah merebus air, biarkan dingin selama beberapa menit sebelum menuangkannya ke gelas teh hijau.
  • Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, teh hijau untuk diet memberikan hasil paling baik jika dikonsumsi setelah makan. Sementara beberapa studi lainnya menyarankan minum teh hijau untuk diet di pagi hari demi meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Pilih teh hijau dengan kafein. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa untuk menurunkan berat badan, katekin dan kafein akan bekerja sama untuk membantu mempercepat metabolisme.

Baca juga: 8 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Tak Cuma Turunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com