Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal di Rumah Mertua? Ini 4 Cara Mudah agar Akrab

Kompas.com - 23/11/2021, 09:35 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com – Tak sedikit menantu, terutama perempuan, yang merasa kesulitan menjalin hubungan dengan mertuanya. Bisa akrab dengan mertua memang tak selalu mudah, tapi bukan tidak mungkin. 

Jika kamu baru menikah dan masih harus tinggal di pondok mertua indah, ketahui cara yang tepat dalam menjalin hubungan yang akrab dengan mereka.

Beri pujian

Cara aman untuk memulai percakapan dengan seseorang adalah dengan mengungkapkan pujian. Misalnya ketika kita merasa nyaman dan betah di rumahnya, pujilah mertua dengan tulus.

Ini bisa berupa ucapan terima kasih yang sederhana dan manis atau cara lainnya untuk menghilangkan jarak dengan mertua.

Dengan membantu menghilangkan kecanggungan secara bertahap, komunikasi pun lebih lancar.

Baca juga: Kronologi Putusnya Zayn Malik dan Gigi Hadid, Akibat Konflik Ibu Mertua

Mintalah saran

Jika ingin memilih gaun untuk mengunjungi kerabat atau ingin memasak hidangan tertentu untuk makan malam, mintalah saran karena hal itu akan membuat mertua merasa dicintai, dihargai, dan istimewa.

Menerima saran juga merupakan cara yang bagus untuk memperkuat ikatan kita, Jadi sebelum memutuskan sesuatu sendiri, sertakan mertua kita di dalamnya.

Beri hadiah kecil

Saat melakukan ini, kita mungkin memerlukan bantuan dari pasangan untuk mencari tahu apa yang disukai mertua. Setelah mengetahuinya, rencanakan kejutan manis untuknya.

Masaklah hidangan favoritnya, tawarkan teh di jam favoritnya, atau bawakan mertua sesuatu saat kita pulang dari jalan-jalan. Semua ini akan membantu kita mengenal mertua lebih baik, dan ikatan kita pun pasti akan menguat secara bertahap.

Terima kesalahan

Terakhir, jangan pernah berbohong atau lari dari kesalahan. Manusia memang pasti membuat kesalahan. Jadi, jika kehilangan sesuatu yang diberikan oleh mertua untuk disimpan atau lupa melakukan tugas, hadapi mertua dan jujurlah.

Lalu, minta maaflah dan beri tahu bahwa itu tidak akan terjadi lagi. Lalu, meskipun mungkin perlu banyak keberanian untuk melakukan ini, katakan bahwa kita menyesal dan tak akan mengulanginya.

Tak hanya itu, karena ada beberapa kemungkinan seseorang akan mengetahuinya lebih cepat dan akan membuat kita merasa malu, sebaiknya ambil inisiatif dan dapatkan pujian dari keluarga. Ini akan membantu ikatan kita tumbuh semakin dekat.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Mertua Toksik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com