Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2021, 11:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber yahoo.com

KOMPAS.com - Sarapan telah lama dipuji sebagai waktu makan terpenting, bahkan disebut-sebut mampu membantu pengendalian berat badan.

Namun, ternyata sarapan pagi untuk mencegah rasa lapar dan menghindari makan berlebihan di siang dan malam hari mungkin merupakan nasihat yang masih layak dipertanyakan.

Sebab, menurut dekan Indiana University School of Public Health di Bloomington, David Allison, apakah seseorang sarapan atau tidak, keduanya sama-sama tidak terlalu memengaruhi berat badan.

"Hasilnya saat ini tampak cukup jelas," terang Allison yang telah melakukan penelitian tentang masalah ini.

Jadi, bagaimana nasihat konvensional bahwa makan sarapan baik untuk lingkar pinggang kita dan mengapa gagasan ini terus bertahan?

Baca juga: 12 Menu Sarapan untuk Diet, Lezat, dan Bergizi

Kemunculan gagasan sarapan baik untuk penurunan berat badan

Dimulai pada awal abad ke-20, pembuat sereal Amerika dan produsen makanan C.W. Post mengeluarkan iklan yang menyatakan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting.

Mereka mengeklaim bahwa Grape-Nuts --yang merupakan menu sarapan-- dapat menyehatkan tubuh, mulai dari membantu anak-anak tumbuh hingga meningkatkan kekuatan otak orang dewasa.

"Karena teknik promosinya yang inovatif, pengaruh iklan Post pada sarapan sangat besar," tulis sejarawan makanan Abigail Carroll dalam bukunya Three Squares: The Invention of the American Meal.

Iklan Post tidak hanya membuat orang berpikir apa yang orang makan, tetapi juga apa yang mereka harapkan dari sarapan untuk kesehatan mereka.

Kemudian, pada tahun 1950-an, iklan untuk Grape-Nuts menggembar-gemborkan dampak sarapan terhadap berat badan.

Salah satu iklan, misalnya, menunjukkan seorang wanita muda tersenyum dengan balutan gaun seksi di tubuhnya yang langsing dan kebetulan dia makan Grape-Nuts dari Post.

Tema tersebut berlanjut dalam kampanye iklan Grape-Nuts tahun 1960-an yang memperlihatkan rahasia untuk tetap langsing adalah dengan olahraga dan makan Grape-Nuts untuk sarapan.

Dalam dekade-dekade berikutnya, perusahaan makanan Kellogg's juga memperkuat pesan tentang sarapan dan berat badan melalui iklan untuk Special K.

Demikian pula, kampanye iklan Special K Challenge menjanjikan bahwa mengonsumsi sereal untuk sarapan dan satu kali makan lainnya setiap hari dapat menurunkan berat badan hingga dua kilogram.

Bahkan, Kellogg's menunjukkan penelitian yang mendukung klaim tersebut, yang tentunya didanai oleh perusahaan.

Halaman:
Sumber yahoo.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com