Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali Positive Self-talk: Seni Membangun Kepercayaan Diri

Kompas.com - 24/11/2021, 11:28 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Editor Wisnubrata

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana Dwi Putri

MENJADI sosok yang memiliki kepercayaan diri bukanlah suatu hal mudah bagi beberapa orang. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dilalui sebelum seseorang dapat menerima diri mereka seutuhnya.

Terlebih lagi, pada masa pandemi ini, banyak dari kita yang menjadi semakin menutup diri sehingga kepercayaan diri pun menurun.

Selain pandemi, hambatan lainnya adalah ucapan orang-orang yang tanpa disadari dapat menyakiti hati pendengar. Padahal, setiap orang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Kepercayaan diri penting untuk dimiliki oleh setiap orang agar kegiatan dan komunikasi yang dilakukan berjalan lancar.

Penelitian Ernawati (2017) memaparkan bahwa saat seseorang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, ia dapat beradaptasi dengan lingkungan baru secara cepat.

Selain itu, menurut Lauster dalam bukunya Tes Kepribadian (2003), kepercayaan diri memiliki beberapa aspek, yaitu keyakinan terhadap kemampuan diri, sikap optimistis, objektif, tanggung jawab, dan rasional.

Melihat dari aspek-aspek tersebut, kepercayaan diri memiliki peran penting dalam membuat hidup berjalan lancar. Untuk membangun rasa percaya diri diperlukan tekad yang kuat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan positive self-talk. Positive self-talk adalah bentuk komunikasi intrapersonal yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan diri.

Saat mempraktikkan self-talk, kita akan diajak berdiskusi tentang banyak hal yang penting untuk diri sendiri. Kita juga akan menyelami pikiran sehingga nantinya menemukan beragam ide-ide menarik.

Selain itu, ternyata banyak permasalahan kehidupan yang dapat diketahui jawabannya melalui self-talk.

Setelah melakukan self-talk, kita tentu akan lebih mengenal diri sendiri yang berujung pada peningkatan kepercayaan diri.

Sangat baik untuk kesehatan mental

Self-talk tanpa kita sadari memiliki segudang manfaat untuk kesehatan mental. Ketika kita mulai berbicara dengan diri sendiri, artinya kita paham terhadap kondisi yang sedang dialami.

Melalui positive self-talk, kondisi tersebut akan diproses oleh diri untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sebagai contoh, ketika melakukan konseling, seseorang akan diajak oleh konselor untuk berkomunikasi dan memahami diri sendiri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com