Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2021, 12:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Beberapa orang mencari tahu mengapa dirinya kerap menangis tiba-tiba.

Perlu diketahui bahwa menangis adalah respons emosional umum dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun, menangis tiba-tiba atau tidak terkontrol bisa melelahkan secara emosional dan fisik, serta bisa berdampak pada aktivitas harian.

Kenapa kita menangis tiba-tiba juga bisa disebabkan kondisi kesehatan mental, seperti burnout, kecemasan, atau depresi, serta bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon atau kondisi neurologis.

Mengetahui penyebab kenapa kita menangis tiba-tiba bisa membantu dalam mencari solusinya, termasuk jika ada masalah kesehatan yang perlu ditangani lebih lanjut.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Kenapa kita menangis tiba-tiba

Berikut beberapa penjelasan kenapa kita menangis tiba-tiba atau tanpa alasan:

1. Menstruasi

Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS. Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.FREEPIK Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS. Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.
Menurut Medical News Today, perubahan hormon selama menstruasi bisa menyebabkan gejala emosional dan fisik. Dokter menyebut gejala ini secara kolektif sebagai sindrom pramenstruasi (PMS).

Sebuah studi di 2013 melaporkan sebanyak 75 persen wanita usia reproduksi mengalami PMS.

Jadi, kenapa kita menangis tiba-tiba bisa saja disebabkan karena PMS.

Beberapa gejala terkait yang juga mungkin terjadi antara lain depresi atau perasaan sedih, kecemasan, perilaku lekas marah atau bermusuhan, serta perubahan suasana hati.

Jika penyebab menangis tiba-tiba adalah karena PMS, cobalah tidur cukup serta mengurangi konsumsi alkohol dan kafein, serta lebih fokus merawat diri.

Baca juga: 8 Minuman untuk Menghilangkan Nyeri Haid dengan Ampuh

2. Kehamilan

Tubuh seorang wanita melalui banyak perubahan hormon selama dan sesudah kehamilan. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dan juga bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba selama periode ini.FREEPIK Tubuh seorang wanita melalui banyak perubahan hormon selama dan sesudah kehamilan. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dan juga bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba selama periode ini.
Tubuh seorang wanita melalui banyak perubahan hormon selama dan sesudah kehamilan. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dan juga bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba selama periode ini.

Kebanyakan orang merasakan sedih dan kekosongan dalam beberapa hari melahirkan. Jika perasaan ini berlangsung selama lebih dari dua minggu, maka itu adalah indikasi postpartum depression atua depresi pascamelahirkan.

Beberapa gejala depresi pascamelahirkan lainnya antara lain kurangnya motivasi dan energi, suasana hati yang buruk dan bertahan dalam waktu lama, adanya masalah ingatan dan gangguan tidur, kurangnya ketertarikan dan minim komunikasi dengan bayinya, serta adanya perasaan bersalah dan putus asa.

Baca juga: Baby Blues Vs Postpartum Depression, Bagaimana Cara Membedakannya?

3. Depresi

Banyak orang mengekspresikan depresi lewat rasa frustrasi, kemarahan, dan mudah terganggu. Masing-masing emosi tersebut bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba ketika mengalami depresi.PIXABAY/VICTORIA_BORODINOVA Banyak orang mengekspresikan depresi lewat rasa frustrasi, kemarahan, dan mudah terganggu. Masing-masing emosi tersebut bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba ketika mengalami depresi.
Depresi sering kali disertai dengan gejala lain, seperti kelelahan parah, merasa kurangnya kenikmatan dalam hidup, dan terkadang rasa sakit fisik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com