Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Nikmati Liburan Tanpa Rusak Program Kebugaran

Kompas.com - 25/11/2021, 16:07 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Tak terasa, tahun baru sudah di depan mata. Musim libur pun segera datang.

Meski pandemi Covid-19 masih terus menghantui dunia, namun dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, mengambil waktu libur untuk diri sendiri atau pun bersama keluarga tetap bisa dilakukan.

Namun, bagi sebagian orang yang terbiasa hidup terukur dan teratur dengan aktivitas kebugaran, hari libur membawa kekhawatiran soal konsistensi dan hancurnya program latihan.

Apalagi, di saat liburan panjang, bukan hanya intensitas latihan yang terhenti, namun godaan menyantap makanan enak dalam jumlah besar pun amat mungkin terjadi.

Baca juga: Pahami, 5 Hal Penting Sebelum Latihan Kebugaran

Kendati demikian, Mike Matthews, pendiri dan CEO perusahaan kebugaran dan suplemen Legion Athletics yang juga pembawa acara podcast kebugaran Muscle for Life, berpendapat lain. 

Menurut dia, meluangkan waktu untuk bersenang-senang bisa dilakukan, tanpa harus kehilangan capaian dari kerja keras yang sudah ada. 

“Kita bisa mengambil waktu untuk beristirahat."

"Banyak orang tidak menyadari, menghentikan latihan selama seminggu dan makan lebih banyak, sulit untuk mengakibatkan banyak kerusakan,” kata Matthews.

Namun, dia mengingatkan, hal yang dapat menggagalkan segala program justru adalah kecemasan yang menhantui.

Kecemasan untuk terus menghitung kalori, atau tetap pergi ke gym saat waktu libur bersama keluarga.

Menurut dia, ini adalah tanda-tanda kekakuan yang berlebihan, yang justru dapat merusak kemajuan, dan menyebabkan munculnya rasa bersalah.

Dia mengatakan, sebaliknya pikirkan tentang tujuan jangka panjang dan berkelanjutan dari program latihan yang sudah dijalani.

Matthews lalu menyarankan untuk merencanakan relaksasi dan kesenangan selama liburan sehingga pada saatnya nanti kita memiliki lebih banyak energi untuk kembali berolahraga.

Menyusun rencana

Matthews mengatakan, jika khawatir bakal menjadi rentan dan tersiksa dengan rasa bersalah, atau pun kecemasan terkait dengan liburan, maka mungkin akan membantu jika kita mulai memikirkan rencana sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Mobilitas dan Fleksibilitas Kebugaran

Sehingga nantinya akan lebih mudah untuk melepaskan tekanan saat menjalani liburan, tanpa pusing dengan jadwal olahraga dan menu diet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com