Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Hand Sanitizer dengan Sensasi Aromaterapi

Kompas.com - 27/11/2021, 10:16 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki era new normal, hand sanitizer bisa dikategorikan sebagai salah satu kebutuhan utama masyarakat dan tak pernah ketinggalan untuk dibawa ke mana pun.

Penggunaan hand sanitizer adalah kebiasaan baru dalam menjaga kebersihan sekaligus mencegah paparan virus corona.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof Dr Zullies Ikawati, Apt, menyebut hand sanitizer adalah produk alternatif untuk membersihkan tangan apabila kita tidak dapat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Agar efektif mencegah infeksi Covid-19, gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen untuk menonaktifkan mikroba seperti virus dan bakteri," katanya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Namun, menurutnya kita harus waspada akan kandungan alkohol pada hand sanitizer.

Baca juga: Perlu Tahu, Masa Kedaluwarsa Disinfektan hingga Hand Sanitizer

Klarens Hand SanitizerDok Klarens Klarens Hand Sanitizer
"Hindari produk yang mengandung metanol atau alkohol kayu, karena senyawa ini biasanya digunakan untuk pelarut cat, sehingga bersifat iritatif terhadap kulit dan beracun," imbuh dia.

Zullies menganjurkan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen etanol. Selain efektif melumpuhkan virus, senyawa etanol relatif lebih aman ketika terserap kulit.

Sensasi aromaterapi

Melihat pentingnya hand sanitizer di masyarakat, penyedia produk pembersih tangan Klarens meluncurkan dua produk baru untuk menjaga kebersihan dan kelembutan tangan.

Kedua produk, Klarens Anti Bacterial Sprist dan Klarens Home Bacterial Spray memiliki sensasi aromaterapi yang akan membuat pemakainya rileks.

Menariknya, rangkaian produk terbaru Klarens juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan benda.

"Ini adalah solusi bagi mereka yang mengharapkan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan hand sanitizer," papar Creative Director Klarens Indonesia, Adi Prabowo Sonorukminto.

Baca juga: Setahun Pandemi Covid-19: Kala Harga Masker Medis dan Hand Sanitizer Meroket...

Hadir dengan konsep kemasan spray-mist, Klarens Anti Bacterial Sprist mengandung formula 73 persen etanol berbahan aman (food grade), castor oil dan vitamin E.

Kombinasi formula tersebut diklaim dapat memberikan perlindungan maksimal serta tidak membuat kulit kering.

"Produk ini bisa digunakan untuk anak-anak di atas satu tahun, dan juga untuk membersihkan permukaan benda-benda sekitar," tambah Adi.

Klarens kemasan sprist hadir dalam dua pilihan aroma, yakni geranium sea salt dan sandalwood yang memberi sensasi menenangkan dan mengurangi kecemasan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com