Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 14:00 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Banyak orang mengangap sarapan dan berat badan adalah dua hal terpisah. Ketika ingin menurunkan berat badan, maka sarapan adalah waktu makan yang sering dilewatkan. 

Padahal, sarapan termasuk waktu makan yang penting dalam satu hari.

Nah, agar tak bingung, mungkin kita bisa mencoba memperhatikan tips dari ahli diet berikut ini:

Cukup protein

Salah satau kebiasaan sarapan terbaik dan paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi protein yang cukup.

"Protein adalah makronutrien utama penyebab rasa kenyang dan dapat membantu mengurangi kebiasaan mencari makanan ringan segera setelah sarapan," kata ahli gizi Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness.

Jadi, kita bisa mencoba memakan makanan seperti telur, yogurt, dan sosis kalkun, atau menambahkan bubuk protein ke kopi atau smoothie.

Baca juga: Ingin Jaga Pola Makan Saat Liburan? Asuplah Protein

Meminum air yang cukup

D'Angelo juga percaya bahwa minum air sebelum, selama, dan setelah sarapan adalah salah satu kunci penurunan berat badan yang sehat.

"Tetap terhidrasi mendukung sistem pencernaan yang sehat, dan memiliki pencernaan yang sehat dapat menyebabkan berat badan yang sehat," kata D'Angelo.

Mernurutnya, meski kebanyakan orang bangun dan mendambakan kopi pagi, sebaiknya kita mempertimbangkan untuk meraih segelas air terlebih dahulu.

Membatasi asupan gula

Meskipun menikmati secangkir kopi pagi tidak dilarang, terkadang kebiasaan ini dapat menggagalkan tujuan penurunan berat badan, jika terlalu banyak menambahkan pemanis.

"Terlalu banyak gula dapat menyebabkan penambahan berat badan, penyakit jantung, dan peningkatan risiko diabetes tipe 2," kata D'Angelo.

Alternatifnya? Alih-alih menambahkan gula ke dalam kopi, D’Angelo menyarankan untuk menggunakan bubuk protein whey untuk meningkatkan protein dan rasa.

Selain itu, kita juga dapat mencoba menambahkan rempah-rempah alami seperti kayu manis, rempah labu, atau bubuk kakao ke kopi agar tidak menambahkan gula.

Baca juga: Perhatikan, Kebiasaan Ngopi yang Bikin Berat Badan Naik

Jangan melewatkan sarapan

Tidak hanya perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sarapan, ternyata hanya rutin sarapan saja sudah dapat membuat perbedaan besar untuk kesehatan dan rencana penurunan berat badan.

Tidak sarapan justru akan memperlambat metabolisme, jadi Anda akan membakar lebih sedikit kalori, dan tubuh juga akan memasuki mode bertahan hidup, yang berarti  mulai mengumpulkan lemak alih-alih membakarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com