Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Hewan Peliharaan Bisa Menggambarkan Kepribadian Seseorang

Kompas.com - 28/11/2021, 09:47 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber yourtango

KOMPAS.com – Perdebatan soal lebih baik mana antara anjing atau kucing memang tak pernah ada habisnya. Perbincangan ini tidak berhenti sampai di sini saja, namun juga merambat hingga kepribadian pemilik anjing dan kucing.

Pecinta anjing umumnya digambarkan sebagai pribadi yang terbuka. Sedangkan orang yang suka memelihara kucing disebut punya kepribadian yang pendiam.

Lalu, apakah anggapan ini benar?

Universitas Carroll, AS pernah melakukan studi untuk membedakan pecinta kucing dan anjing dan menyoroti bagaimana pilihan hewan peliharaan mencerminkan kepribadian seseorang. Studi ini melibatkan 600 mahasiswa sebagai responden

Hasilnya, 60 persen responden menganggap diri mereka sebagai pecinta anjing, 11 persen menyatakan lebih menyukai kucing, sedangkan 29 persen lainnya menyukai keduanya atau tidak keduanya.

Denise Guastello, lektor kepala di Universitas Carroll mengatakan, mungkin orang memilih hewan peliharaan berdasarkan kepribadian mereka.

Dari studi yang dilakukan Universitas Carroll, para responden yang mengaku menyukai kucing justru menerima lebih banyak poin dalam tes yang dirancang untuk menentukan kecerdasan.

Untuk sementara, bisa disimpulkan hasil ini menunjukkan pecinta kucing cenderung lebih pintar daripada pecinta anjing.

Baca juga: Ketahui Kepribadian Seseorang dari Kebiasaan Kecil Ini

Meski studi yang dilakukan Universitas Carroll ini menimbulkan perdebatan, tapi studi lainnya juga mendapati persamaan sifat antara hewan peliharaan yang disukai dengan pemiliknya.

Misalnya, pecinta anjing digambrakan sebagai orang yang aktif, antusias, dan bersemangat, sementara pecinta kucing digambarkan sebagai sosok yang lebih pendiam dan sensitif.

Kesimpulan ini tentunya masuk akal mengingat fakta bahwa kucing merupakan hewan yang suka di dalam ruangan, sementara anjing merupakan hewan yang suka berjalan-jalan di luar ruangan.

Meskipun responden dari studi Universitas Carroll ini hanya melibatkan mahasiswa, studi yang pernah dilakukan pihak lain juga mendapati hal serupa.

Baca juga: Beda Kepribadian antara Pencinta Kucing dan Pencinta Anjing, Apa Saja?

Sebuah studi berbasis web yang dilakukan tahun 2010 oleh The University Of Texas mengamati 4.565 orang dan membagi mereka menjadi empat kategori: pecinta kucing, pecinta anjing, tidak pecinta keduanya, atau pecinta keduanya.

Setelah mengajukan 44 pertanyaan tentang penilaian kepribadian kepada responden, penelitian ini mendapati pecinta anjing umumnya sekitar 15 persen lebih ekstrovert, 13 persen menyenangkan, dan 11 persen lebih teliti ketibang pecinta kucing yang sekitar 12 persen lebih mudah cemas dan 11 persen lebih terbuka.

Studi The University Of Texas menunjukkan bahwa pecinta anjing lebih disiplin diri dan cenderung sosok yang terencana jika dibandingkan dengan pecinta kucing.

Hal yang menarik dari studi ini tidak hanya mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan pilihan hewan peliharaannya, tetapi juga menunjukkan kecocokan untuk mencari pasangan.

Faktanya, kecenderungan minat terhadap hewan peliharaan tertentu bisa menggambarkan lebih banyak tentang kepribadian daripada yang mungkin pernah dipikirkan seseorang.

Sifat yang berhubungan dengan setiap hewan peliharaan dapat membantu memprediksi tingkat kecocokan seseorang dengan calon kekasih dan teman.

Baca juga: Wajib Tahu, Tips Memilih Hewan Peliharaan Sesuai Kepribadian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yourtango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com