Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2021, 10:16 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak keluhan yang dialami perempuan selama hamil. Selain kram perut dan sembelit, rasa gatal di bagian kaki termasuk hal menyebalkan yang sering dialami.

Meski keluhan ini cukup mengganggu karena membuat perempuan hamil terus menggaruk, sebenarnya rasa gatal di kaki adalah hal yang biasa terjadi.

Ada sejumlah alasan mengapa kaki terasa gatal selama periode kehamilan, termasuk hormon, peningkatan keringat, dan psoriasis yang merupakan bercak bersisik di permukaan kulit yang membuat gatal dan kering.

Karena menimbulkan sensasi untuk terus menggaruk kaki, keluhan ini sebaiknya tetap ditangani dengan perawatan di rumah atau obat yang disetujui dokter.

Kaki gatal selama periode kehamilan juga bisa disebabkan oleh kolestasis yang memengaruhi kondisi hati selama masa akhir kehamilan. Hal ini membuat aliran empedu dari kantong empedu melambat dan berhenti. Namun kondisi ini relatif jarang.

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Ruam atau Gatal di Area Selangkangan

Penyebab kaki gatal saat hamil

Dokter spesialis kesuburan dan ahli virus, Cindy M. Duke, MD, mengatakan bahwa perubahan hormon kehamilan adalah salah satu penyebab paling sering dari kaki gatal.

Perubahan hormon dapat memengaruhi ujung saraf dan membuatnya lebih sensitif dan lebih rentan terhadap rasa gatal.

Secara khusus, perempuan hamil yang menderita fibromyalgia atau kondisi lain yang berhubungan dengan saraf, kulitnya bisa lebih sensitif sehingga terasa gatal-gatal selama kehamilan.

Tidak hanya itu, kehamilan juga menyebabkan kulit meregang, sehingga kulit jadi sangat kering dan hilang kelembapan, yang keduanya dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Duke menambahkan, banyak perempuan hamil akan mendapati kondisi kaki mereka rata. Kondisi ini menyebabkan kaki menjadi lebih kering dan berkeringat, sehingga menimbulkan rasa gatal.

Baca juga: 9 Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Perlu dicatat bahwa selama perempuan hamil terkadang menyebabkan kekambuhan penyakit kulit yang sudah diderita atau menjadi lebih buruk. Seperti, psoriasis yang merupakan penyakit kulit autoimun yang membuat bercak merah gatal dan bisa kambuh selama periode kehamilan.

Selain itu, kondisi kulit lain yang dapat muncul selama perempuan hamil adalah Puritic Uritical Papules and Plaques of Pregnancy atau PUPPP.

PUPPP akan membuat ruam berwarna merah dan rasa gatal di perut sebelum proses persalinan berlangsung.

Dalam hal ini PUPP tetap harus diperhatikan sebab bisa saja berbahaya bagi bayi. Jika dibiarkan ruam gatal di perut dapat menyebar ke paha, lengan, dan bokong.

Dokter obgyn Tamika Cross mengatakan bahwa terkadang PUPPP dapat menyebar ke kaki dan menjadi penyebab kaki terasa gatal.

Baca juga: Bercak dan Ruam Merah pada Kulit Anak, Apa Penyebabnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com