Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2021, 10:28 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memakai tas ransel (backpack) untuk bepergian pastinya membuat barang-barang kita menjadi lebih ringkas untuk dibawa.

Selain itu, tas ransel juga dapat membuat kita menjadi nyaman karena beban terasa lebih ringan, sehingga kita lebih leluasa untuk bergerak.

Meski tas ransel memberikan kita kemudahan dan kenyamanan dalam bepergian, namun ternyata di balik semua itu ada etika yang perlu diperhatikan, terutama ketika kita memakainya saat naik pesawat.

Baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pun membagikan sebuah postingan video di akun Instagram miliknya @sandiuno terkait dengan etika membawa tas ransel saat naik pesawat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

"Ini etika baru yang dikirim oleh Dirut Garuda, Pak Irfan, bahwa semua sekarang kalau naik pesawat, backpack itu etikanya harus ditenteng," ujarnya dalam video tersebut.

Di video itu, Sandiaga juga menuliskan keterangan bahwa etika membawa ransel dengan cara ditenteng saat naik ke pesawat adalah bagian dari inovasi dan anjuran yang dilakukan oleh Garuda Indonesia.

Sementara itu, melalui video reels di akun Instagram-nya, Garuda Indonesia telah mensosialisasikan etika membawa tas ransel agar lebih nyaman saat proses boarding atau naik ke pesawat.

Jadi, sejak akan boarding kita sudah harus menjinjing tas ransel supaya kita tidak membahayakan penumpang lainnya yang antre berdiri di belakang kita saat hendak naik ke pesawat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Garuda Indonesia (@garuda.indonesia)

Kemudian, kita juga perlu menjinjing tas setelah masuk ke pesawat untuk menghindari ketidaknyamanan penumpang lainnya yang sudah duduk terlebih dulu di kursi dan pastikan kita meletakkan tas ransel di bagasi kabin.

Sampai saat ini, belum ada aturan yang resmi dari berbagai maskapai penerbangan mengenai etika membawa ransel yang tepat saat naik pesawat seperti yang dianjurkan oleh Garuda Indonesia.

Tetapi, hal ini dapat kita terapkan dalam setiap perjalanan kita menggunakan pesawat agar dapat memberikan kenyamanan bagi para penumpang lainnya.

Baca juga: Hanya Dianggap Hiasan, Ini Fungsi Ornamen Wajik Pada Ransel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com