Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah "Hair Oil" Atasi Rambut Rontok? Ini Mitos dan Faktanya

Kompas.com - 03/12/2021, 10:48 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Pinkvilla

KOMPAS.com – Bicara soal perawatan rambut, mungkin kita sering mendengar berbagai mitos soal berbagai hal yang perlu dilakukan untuk menjaganya tetap sehat, mulai dari menggunakan minyak atau hair oil hingga memotong pendek rambut.

Namun, mana saja tips yang benar? Ketahui faktanya.

Hair oil atasi kerontokan

Rambut rontok itu kompleks, sehingga perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu sebelum menyimpulkan sesuatu.

Ada berbagai penyebab kerontokan, mulai dari kekurangan nutrisi, pemulihan dari penyakit, ketidakseimbangan hormon, stres, dan masih banyak lagi.

Jadi, penggunaan minyak (hair oil) saja tidak akan membantu mengendalikan rambut rontok, meski pijatan lembut pada kulit kepala dengan minyak dapat membantu relaksasi yang juga meningkatkan kesehatan. Namun, sebaiknya hindari pijatan yang kuat karena dampaknya berbahaya.

Baca juga: Memilih “Hair Oil” yang Tepat agar Rambut Sehat

Hair oil akan membuat rambut lebih panjang

Minyak rambut hanya mengkondisikan rambut dan membuatnya lebih halus, jadi sebenarnya tak berdampak untuk membuat rambut cepat panjang. Sebab, panjang, tekstur dan kualitas rambut ditentukan secara genetik.

Untuk mencegah kekeringan dan membuar rambut nampak halus, pakailah hair oil. Namun, jagan sampai meminyaki rambut semalaman ya, karena tak memiliki manfaat sama sekali.

Memotong rambut, cegah kerontokan?

Tentu saja ini salah. Sebab, rambut tumbuh dari akarnya. Jadi, pemotongan rambut tidak berdampak pada bagian di bawah kulit.

Memang, semakin panjang rambut, akan terlihat semakin parah kerontokannya karena helaian rambut yang panjang akan menggulung ke dalam dan membuat bola rambut tampak jauh lebih besar. Jadi meski kita kehilangan 4-5 helai, akan terlihat sangat banyak.

Potongan rambut pendek hanya akan membantu mengurangi stres terkait dengan rambut rontok karena kita tidak akan dapat melihat rambut lagi, tak berdampak pada kerontokan rambut.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Luar Dalam untuk Atasi Rambut Rontok

Sisa sampo pada kulit kepala menyebabkan rambut rontok

Sampo dibuat untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap bersih. Keramas perlu dilakukan setidaknya tiga kali seminggu untuk menghilangkan minyak, debu dan kotoran yang mungkin terkumpul di kulit kepala.

Halaman:
Sumber Pinkvilla
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com