Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2021, 11:28 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin merasa sudah tidur cukup tapi masih ngantuk. Kondisi ini terdengar sepele, tapi bisa mengganggu performa kita jika sering terjadi.

Namun, tidur cukup tapi masih ngantuk sebetulnya adalah hal yang bisa saja terjadi.

Sebab, menurut pakar tidur dan penasihat tidur untuk Oura, Michael Breus, PhD kepada Bustle, misalnya,tidur bukanlah sekadar mementingkan kuantitas, melainkan kualitas.

Tidur cukup tapi masih ngantuk bisa saja mengindikasikan adanya kondisi mental atau fisik tertentu yang kita alami, atau bisa saja kualitas tidur kita kurang karena sesuatu yang kita lakukan sebelum tidur.

Baca juga: 12 Penyebab Kepala Pusing Saat Bangun Tidur, Jangan Sepelekan

Penyebab tidur cukup tapi masih ngantuk

Berikut beberapa penyebab yang mungkin bisa menjelaskan mengapa kita tidur cukup tapi masih ngantuk:

  • Kurang gerak

Ternyata, kurang gerak juga bisa memengaruhi kualitas tidur kita, yang pada akhirnya bisa membuat kita merasa tidur cukup tapi masih ngantuk.FREEPIK Ternyata, kurang gerak juga bisa memengaruhi kualitas tidur kita, yang pada akhirnya bisa membuat kita merasa tidur cukup tapi masih ngantuk.

Ternyata, kurang gerak juga bisa memengaruhi kualitas tidur kita, yang pada akhirnya bisa membuat kita merasa tidur cukup tapi masih ngantuk.

Faktanya, tidak menggabungkan aktivitas fisik apapun dalam rutinitas bisa membuat tubuh lebih terasa lelah.

Banyak orang menganggap olahraga bisa membuat tubuh kelelahan dan pada akhirnya memengaruhi kualitas tidur.

Namun, menurut dokter penyakit dalam berbasia di Baltimore, Dr Vivek Cherian, MD, rutin melakukan olahraga intensitas moderat dapat meningkatkan tidur nyenyak pada individu.

Baca juga: Awas, Ini Bahayanya jika Sering Rebahan Setelah Makan

  • Depresi

Penting untuk mencari tahu apakah depresi menjadi penyebab kita tidur cukup tapi masih ngantuk di keesokan harinya.PIXABAY/WHOISMARGOT Penting untuk mencari tahu apakah depresi menjadi penyebab kita tidur cukup tapi masih ngantuk di keesokan harinya.

Salah satu gejala umum depresi adalah kelelahan. Depresi bisa membuat seseorang kelelahan sepanjang hari, tak peduli berapa lama durasi tidur mereka dalam semalam.

Penting untuk mencari tahu apakah depresi menjadi penyebab kita tidur cukup tapi masih ngantuk di keesokan harinya.

Cherian mengatakan, depresi bisa memengaruhi siklus tidur seseorang. Individu dengan depresi bisa saja merasa lebih lelah daripada yang mereka duga dan bangun dalam keadaan tidak segar.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Stres, Demi Kesehatan Mental yang Lebih Baik

  • Kekurangan nutrisi tertentu

Jika defisiensi nutrisi adalah penyebab tidur cukup tapi masih ngantuk, berkonsultasilah dengan dokter untuk membantu mengatur asupan nutrisi yang tepat.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Jika defisiensi nutrisi adalah penyebab tidur cukup tapi masih ngantuk, berkonsultasilah dengan dokter untuk membantu mengatur asupan nutrisi yang tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com