Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Meletakkan Cakarnya pada Kita, Apa Maknanya?

Kompas.com - 04/12/2021, 15:00 WIB
Gading Perkasa,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendatangkan kebahagiaan dan membuat suasana rumah menjadi lebih meriah, itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika memelihara anjing.

Namun kemungkinan manfaat terbesar dari memelihara anjing yaitu adanya hubungan cinta yang kita bangun dengan hewan tersebut.

Coba ingat-ingat, pernahkah anjing peliharaan mencengkeram kaki kita dengan menggunakan kakinya?

Kendati tindakan anjing itu terkesan mengganggu, ketahuilah bahwa hewan itu mencoba menyampaikan perasaannya kepada kita.

Baca juga: Yuk, Belajar Hidup Bahagia dari Seekor Anjing

Jika anjing meletakkan cakarnya pada kita, anjing mencoba untuk mengatakan hewan itu menyayangi kita.

"Dengan meletakkan cakarnya pada kita saat kita membelainya, anjing semakin memperluas kontak dan membalas kasih sayang," kata Rebecca Forrest, asisten pelatih anjing di The Dog Clinic.

Selain diartikan sebagai ekspresi kasih sayang, anjing yang meletakkan kaki cakarnya di kaki kita juga memiliki makna lain.

Bisa jadi, anjing peliharaan merasa tidak aman dan mencari perhatian tuannya.

Itu artinya, kita harus menunjukkan kasih sayang ekstra kepada anjing.

Atau, cara tersebut dilakukan anjing untuk mengatakan bahwa hewan itu sudah merasa lapar. "Lihatlah bahasa tubuh lain dari anjing kita," saran Forrest.

Baca juga: Kenapa Mata Anjing Bisa Merah?

Jika kita bersantai di sofa dan menggosok perut anjing, kemungkinan anjing akan membalas dengan menunjukkan cintanya kepada kita.

Tetapi ketika anjing memerlihatkan tanda-tanda kecemasan seperti menjilat bibir, menguap, dan menutup telinga, ada kemungkinan anjing merasa tidak aman dan mencari kasih sayang.

Forrest menuturkan, jika anjing meletakkan cakarnya kepada kita untuk terus-menerus meminta makanan, tidak usah direspons.

"Jika kita membiarkan anjing memutuskan kapan akan diberi makan, anjing bisa kelebihan berat badan yang nantinya berdampak pada kesehatan hewan tersebut," tulis Forrest. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com