Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Billie Eilish" dan "Omicron" Jadi Kata yang Sering Salah Diucapkan

Kompas.com - 09/12/2021, 10:07 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - "Eilish" dan "Omicron" masuk dalam daftar kata-kata yang paling sering salah diucapkan selama tahun 2021 di Inggris.

Nama belakang penyanyi Billie Eilish dan mutasi baru Covid-19 ini termasuk paling sulit dilafalkan berdasarkan riset US Captioning Company. Perusahaan ini merupakan penyedia teks untuk berbagai acara live di TV dan persidangan di negara tersebut.

Survei ini mengidentifikasi mana kata-kata dan nama yang paling rumit bagi pembaca berita dan orang-orang di televisi Inggris untuk diucapkan selama tahun ini.

Omicron memang menjadi istilah yang baru dan masih sulit dilafalkan oleh banyak orang. Istilah ini seharusnya diucapkan "OH-mee-kraan" atau "AH-muh-kraan" dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Asal-usul Nama Omicron dan Maknanya dalam Bahasa Yunani

Kebanyakan pembaca berita di Inggris juga sering salah mengucapkan nama Eilish, yang merupakan salah satu penyanyi terpopuler saat ini. Nama belakang pelantun lagu Happier Thann Ever ini seharusnya dilafalkan seperti "EYE-lish".

Selain itu, kata yang juga paling sering salah diucapkan adalah Ever Given, nama kapal yang viral karena memblokade Terusan Suez; dan Dogecoin, cryptocurrency yang dipopulerkan oleh Elon Musk. 

Ever Given sering salah dilafalkan karena disalahartikan sebagai Evergreen yang merupakan nama perusahaan pemilik kapal yang namanya tertera di sisinya.

Esteban Touma, seorang guru Babbel Live, aplikasi pembelajaran bahasa di Inggris menilai kesalahan pengucapan itu disebabkan berbagai kata tersebut bukan berasal dari bahasa Inggris.

Baca juga: Seperti Elon Musk, Kenali Ciri-ciri Pasangan yang Workaholic

"Sebagai seorang guru bahasa itu selalu menarik untuk melihat bahwa beberapa istilah ini biasanya bahasa sehari-hari yang baru, atau berakar atau dipinjam dari bahasa lain," katanya.

Tahun 2020, nama belakang pakar kesehatan AS, Anthony Fauci dan nama depan wakil presiden negara tersebut, Kamala Harris, merupakan yang paling sering salah dilafalkan di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com