Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenai Gejala Pradiabetes, Lakukan Pencegahan Sebelum Jadi Diabetes

Kompas.com - 09/12/2021, 15:42 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Pradiabetes merupakan kondisi ketika kadar gula darah seseorang sudah melebihi batas normal namun belum bisa dikategorikan sebagai diabetes tipe 2.

Agar tidak meningkat menjadi diabetes, pradiabetes dapat diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti melakukan diet rendah karbohidrat dan berolahraga secara teratur.

Konsultan Senior Penyakit Dalam di Rumah Sakit Fortis, Dr. Aditya S. Chowti mengatakan diabetes tidak hanya menyerang orang yang kegemukan atau punya faktor genetik diabetes, melainkan bisa diderita oleh kelompok usia muda.

"Kebiasaan makan yang tidak sehat seperti waktu makan yang tidak tepat waktu, asupan makanan berkalori tinggi, minuman berkarbonasi, dan asupan makanan yang tinggi lemak trans merupakan faktor yang dapat mengarahkan pasien ke tepi diabetes mellitus," ujar Chowti.

Baca juga: Cara Mencegah Pradiabetes Menjadi Diabetes

Ia menerangkan, pencegahan diabetes sebenarnya bisa dilakukan ketika seseorang masih kanak-kanak dengan menerapkan gaya hidup sehat.

"Kita harus sadar bahwa kondisi ini dapat dicegah, karena kita semua tahu mencegah lebih baik daripada mengobati. Olahraga dan diet adalah dua strategi pencegahan utama dan harus ditanggapi dengan serius,” imbuh Dr. Chowti.

Berapa kisaran gula darah pradiabetes?

Meski kadar gula darahnya tak setinggi penderita diabetes tipe 2, penderita pradiabetes sebaiknya tetap memahami berapa batas kadar gula darah yang normal.

Untuk kisaran kadar gula darah yang harus dijaga simak yang berikut ini:

  • Kadar gula darah normal kurang dari 140 mg/dL (7,8 mmol/L)
  • Kadar gula darah sebelum diabetes adalah 140-199 mg/dL (7,8-11,0 mmol/L)
  • Ketika kadar gula darah melebihi 200 mg/dL (11,1 mmol/L), ini mengindikasikan diabetes tipe-2.

Baca juga: Pradiabetes, Selangkah Lagi Jadi Diabetes jika Gaya Hidup Tak Berubah

Apa saja gejala pradiabetes?

Setiap penyakit tentu memiliki gejala tertentu yang bisa diwaspadai. Sayangnya, kebanyakan pasien diabetes tidak merasakan gejalanya.

Walau demikian, ada sejumlah tanda yang bisa diwaspadai orang agar terhindari dari risiko terkena diabetes, diantaranya:

• Sering buang air kecil
• Berat badan bertambah
• Kelelahan
• Rasa lapar yang berlebihan
• Rasa haus yang berlebihan.

Cara terakurat untuk mengetahui apakah gula darah kita normal atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan gula darah puasa di laboratorium.

Baca juga: Mengapa Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Amputasi Kaki?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com