Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan dan Camilan Berbahan Santan yang Diprediksi Bakal Tren

Kompas.com - 09/12/2021, 17:02 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Berbagai resep yang dapat dikombinasikan dengan santan ternyata banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Hal itu tercermin dari angka pencarian yang tinggi di Google Trend. Resep-resep yang banyak dicari antara lain rendang sapi, donat, serta pempek.

Konten kreator yang banyak mengulas tentang makanan, Magdalena Fridawati mengatakan, makanan tradisional memang menjadi tren di tahun 2021.

"Dari yang sekarang banyak viral sebenarnya makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu, cuma dikemas lagi secara modern," ujarnya dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Tetra Pak dan Sun Kara (9/12).

Selain itu, makanan yang terinspirasi dari film atau drama Korea juga banyak dicari, misalnya saja permen dalgona yang populer dari serial Squid Game.

Sementara itu untuk tren kuliner di tahun 2022 mendatang, Magdalena memprediksi bahwa makanan-makanan yang praktis dan higienis masih akan digemari di masyarakat.

Ditambahkan oleh Chef Rinrin Marinka, makanan sehat berbasis nabati (plant based) juga diprediksi akan populer tahun depan.

Baca juga: 3 Cara Masak Lodeh agar Santan Tidak Pecah

"Dengan adanya pandemi semua orang maunya yang sehat karena sekarang itu kesehatan sangat penting. Jadi plant based dan flexitarian akan tren tahun depan," kata Rinrin dalam acara yang sama.

Ilustrasi rendang daging sapi Padang. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_S5 Ilustrasi rendang daging sapi Padang.

Lima makanan bersantan yang viral

Marketing Manager Tetra Pak Indonesia, Santi Panjaitan, menjabarkan bahwa ada 5 jenis sajian viral di Indonesia yang penggunaannya bisa menggunakan santan kelapa.

Makanan itu antara lain makanan yang sering disajikan dalam acara khusus, seperti ayam kodok, nastar, dan sagu keju.

Kemudian ada makanan dan minuman manis, yaitu boba, kopi dalgona, bomboloni, pie susu teflon, dan buko pandan. Kemudian ada makanan rumahan yaitu salmon mentai, craffle, korean garlic bread, dan lunch box cake.

Di kategori keempat adalah makanan berbasis nabati seperti salad, smoothie, dan mi shirataki. Terakhir adalah fusion food mix atau perpaduan antara makanan tradisional dan internasional, yaitu nasi padang wrap, cendol dessert box, dan klepon cake.

Baca juga: Resep Klepon Cake, Pilihan Dessert Audrey MasterChef Indonesia

Rinrin mengatakan, citarasa khas masakan Indonesia memiliki kombinasi banyak rasa di dalamnya, seperti rasa gurih.

"Orang Indonesia suka sesuatu yang creamy dan kombinasi rasa seperti gurih. Kemudian tekstur topping yang crunchy di awal tapi gigitan selanjutnya lembut. Jadi, dalam satu makanan ada banyak rasa," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com