Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Tak Terduga Dari Makan Bersama Keluarga, Apa Saja?

Kompas.com - 10/12/2021, 17:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Parents

KOMPAS.com - Mengajak anak-anak makan bersama dengan seluruh keluarga merupakan salah satu strategi pengasuhan yang baik untuk dilakukan oleh para orangtua.

Selama dua dekade terakhir, penelitian demi penelitian juga menunjukkan bahwa meluangkan waktu tanpa gadget beberapa menit setiap hari dan terhubung satu sama lain dapat meningkatkan kesehatan fisik maupun mental bagi semua anggota keluarga.

Selain meningkatkan kesehatan fisik dan mental, menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga juga memiliki manfaat lain yang tidak terduga, seperti berikut ini.

1. Mengajarkan anak kebiasaan makan yang lebih baik

Sebuah studi baru-baru ini di JAMA Network Open menunjukkan bahwa makan bersama anggota keluarga dikaitkan dengan pola makan yang lebih baik secara keseluruhan, terutama di kalangan remaja.

Remaja yang makan bersama keluarga cenderung mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta lebih sedikit makanan cepat saji dan minuman manis.

Menurut penelitian tersebut, temuan ini juga berlaku terlepas dari seberapa fungsional atau disfungsional sebuah keluarga.

2. Mencegah masalah psikososial yang serius

Menurut tinjauan tahun 2015 oleh sekelompok peneliti Kanada, makan malam keluarga yang rutin dapat mencegah masalah gangguan makan, alkohol dan penggunaan zat terlarang, perilaku kekerasan, depresi, serta pikiran untuk bunuh diri pada remaja.

Peserta studi yang rata-rata adalah wanita muda kemungkinan besar juga akan menuai manfaat dari makan bersama keluarga ini.

3. Mengurangi masalah berat badan di masa dewasa

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics menemukan korelasi langsung antara frekuensi makan bersama keluarga pada masa remaja dan penurunan kemungkinan obesitas 10 tahun kemudian.

Studi ini menyimpulkan bahwa keluarga harus berusaha untuk meluangkan setidaknya satu atau dua kali makan bersama setiap minggu untuk membantu melindungi anak-anak mereka dari masalah berat badan di kemudian hari.

Baca juga: 7 Manfaat Makan Bersama, dari Lebih Sehat hingga Hilangkan Stres

4. Meningkatkan harga diri anak

Menurut para ahli di Stanford Children's Health, keamanan yang diberikan dengan makan bersama secara teratur sebagai sebuah keluarga dapat membantu anak-anak merasa lebih percaya diri.

Halaman:
Sumber Parents
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com