Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Desain Interior yang Diprediksi Bakal Redup Tahun 2022

Kompas.com - 10/12/2021, 18:12 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desain interior muncul sebagai hobi baru yang digemari banyak orang selama pandemi.

Keharusan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah memunculkan keinginan menata ulang hunian agar lebih nyaman. Dipilih perabitan terbaik, cat dinding yang matching sampai karpet paling nyaman untuk menghias ruangan.

Media sosial juga diramaikan dengan berbagai tema inspirasi desain interior yang bisa diikuti. Biasanya itu diambil dari rumah para pesohor, gedung terkenal sampai setting film yang dianggap menarik.

Seiring bergantinya tahun, tren desain interior diprediksi juga akan ikut beralih. Tahun 2022 nanti, akan ada sejumlah gaya yang dianggap ketinggalan zaman dan harus ditinggalkan.

Baca juga: 7 Keuntungan Memakai Desainer Interior untuk Menata Rumah

Apa saja?

Ruang terbuka multifungsi

Gaya ruang terbuka tanpa sekat pernah begitu diminati dalam dunia desain interior. Namun pilihan ini terbukti kurang fungsional di era pandemi sehingga trennya akan menurun.

"Banyak orang belajar dengan susah payah selama pandemi bahwa mungkin dapur, kantor rumah, ruang makan, ruang besar, dan ruang tamu Anda tidak semuanya sama," kata Zac Houghton, seorang ahli konstruksi di Inggris.

Menurutnya, kurangnya privasi menyebabkan fungsionalitas. Nantinya orang akan berusaha menambahkan sekat dengan menggunakan pembatas dinding atau alat bantu privasi lainnya.

Fast furniture

Fast furniture alias perabotan dengan harga terjangkau yang dapat dirangkai sendiri di rumah diprediksi tidak akan terlalu populer lagi. Orang akan memilih perabotan yang bukan produksi masif namun memiliki kualitas yang lebih baik.

Hal ini dilakukan untuk memastikan perabotannya memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Baca juga: Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Mengilap

Ilustrasi rak dapur minimalis.UNSPLASH/ANDREA DAVIS Ilustrasi rak dapur minimalis.

Rak dinding terbuka

Rak dinding terbuka juga termasuk desain interior yang akan ditinggalkan tahun 2022 nanti.

Andra DelMonico, penulis desain rumah yang berbasis di AS mengatakan sekarang orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan benar-benar menggunakan dapur mereka.

"Sudah sangat jelas bahwa rak terbuka tidak berfungsi dan akhirnya terlihat berantakan dan berantakan, sementara kapasitas penyimpanan lemari juga kurang," jelasnya, dikutip dari Insider.

Sebagai gantinya, kombinasi lemari atas dan rak dekoratif akan lebih disukai karena indah sekaligus fungsional.

Baca juga: Cara Menata Barang di Dapur Kecil

Penyedot udara di dapur yang mencolok

Kitchen hood alias penyedot udara di dapur yang mencolok banyak digunakan di berbagai hunian mewah belakangan ini. Namun gaya ini akan lebih ditinggalkan untuk tampilan yang lebih bersih dan tersembunyi.

Warna abu-abu

Warna abu-abu dianggap cocok untuk rumah yang nyaman, minimalis, sekaligus modern. Namun pola pikir ini tak akan lagi bertahan lama dalam dunia desain interior.

Orang-orang mulai bosan dengan warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu.

"Skema warna datang dan pergi tetapi biasanya memiliki garis hidup popularitas sekitar satu dekade. Gray akan datang ke akhir dekadenya," kata DelMonico.

Mendatang, orang akan lebih menyukai warna yang lebih berani dan dramatis termasuk untuk dapur dan lemarinya.

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Bisa Dongrak Harga Jual Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com