Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Alasan Mengapa Kita Sebaiknya Rutin Makan Wortel

Kompas.com - 11/12/2021, 11:03 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wortel merupakan sayuran yang digemari banyak orang. Pasalnya, sayuran ini punya tekstur yang renyah, mudah didapat, dan bisa diolah menjadi berbagai varian makanan.

Tidak hanya itu, wortel juga banyak dikenal karena sejak kecil kita selalu dianjurkan untuk memakannya sebab mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Ada pun, sebelum vitamin A diserap tubuh, vitamin ini berasal dari beta karoten yang juga memberi warna oranye pada wortel.

"Vitamin A mungkin paling dikenal pada wortel karena perannya dalam mendukung kesehatan mata dan penglihatan yang baik, dan asupan yang cukup sangat penting dalam mengurangi risiko degenerasi makula," kata kata penulis The Plant Forward Solution, Charlotte Martin, M.S., RDN.

Dalam hal ini, setengah cangkir wortel cincang mentah mengandung lebih dari setengah jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Baca juga: Manfaat Wortel untuk Kesehatan agar Hidup Lebih Berwarna

Meski sangat lekat dengan kesehatan mata, tahukah kamu kalau ada banyak manfaat lain dari wortel bagi kesehatan tubuh? Berikut sejumlah manfaat wortel yang perlu kamu ketahui.

1. Wortel membantu kulit tetap sehat

Selain fungsinya menjaga kualitas penglihatan kita, vitamin A juga penting untuk melindungi kesehatan kulit.

Mengutip sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini, Martin mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin A dan karotenoid dapat mengurangi risiko kanker kulit.

"Asupan wortel secara teratur, yang merupakan salah satu sumber terbaik dari pro-vitamin A beta-karoten karotenoid, dapat membantu memastikan pasokan vitamin A yang cukup dalam tubuh," katanya.

2. Wortel baik untuk kesehatan usus

Perlu diketahui bahwa per setengah cangkir wortel mengandung 2 gram serat, yang terdiri dari serat larut dalam bentuk pektin dan serat tidak larut.

Pendiri Real Nutrition, Amy Shapiro, M.S., R.D., CDN menerangkan bahwa serat larut dapat memperlambat perut seseorang kosong dan meningkatkan perasaan kenyang setelah makan.

Sementara itu, serat tidak larut berfungsi untuk membantu mencegah sembelit. Secara keseluruhan, wortel adalahmakanan yang ampuh untuk menjaga sistem pencernaan.

3. Wortel menyehatkan jantung

Belum banyak yang mengetahui bahwa wortel ternyata bisa menjaga kesehatan jantung. Sebabnya, sayuran yang satu ini mengandung banyak potasium.

"Wortel kaya akan fitonutrien penangkal penyakit dengan sifat antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol," kata Martin.

Jika dikombinasikan dengan kandungan seratnya yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit kardiovaskular, wortel dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan risiko kesehatan lainya, seperti kolesterol tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com