Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Tubuh Langsing Setelah Usia 50? Coba 7 Kebiasaan Makan Ini

Kompas.com - 12/12/2021, 14:16 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Banyak hal dalam hidup kita yang akan berubah setelah kita menginjak usia 50 tahun ke atas yang mungkin memengaruhi betapa sulitnya mendapatkan tubuh langsing.

Faktanya, seiring bertambahnya usia, kita akan mulai kehilangan massa otot yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh kita menjadi lebih lambat. 

Ditambah lagi, kebiasaan makan yang buruk dan penuh dengan kalori dapat meningkatkan berat badan karena kemampuan tubuh memproses makanan-makanan ini sudah tidak sebaik waktu kita masih lebih muda.

Baca juga: Sindrom Inflamasi Multisistem pada Anak yang Terinfeksi Covid-19

Nah, para ahli pun membagikan beberapa tips mengenai kebiasaan makan yang sehat supaya tubuh kita tetap langsing setelah berusia 50 tahun.

1. Belajarlah untuk mengenali rasa lapar fisik

"Kembangkan keterampilan makan intuitif dengan belajar mengenali rasa lapar fisiologis yang sebenarnya dan bagaimana hal itu berbeda dari rasa lapar emosional,"

kata seorang ahli gizi dari Waistline Dietitian, Laura Krauza MS, RDN.

Dia pun merekomendasikan kita untuk melakukannya dengan membentuk kebiasaan makan setiap tiga hingga empat jam dan memastikan untuk memasukkan makanan kaya protein setiap kali makan sepanjang hari.

Sebab, protein dicerna lebih lambat daripada karbohidrat yang menjaga rasa lapar lebih lama bahkan ketika kita stres, sehingga kita mungkin akan mencapai perbaikan emosional yang lebih baik.

2. Mengurangi karbohidrat

Menurut ahli diet untuk Wellness Verge, Ana Reisdorf, MS, RD, ketika kita berusia 40 tahun dan memasuki usia 50-an, tampaknya segalanya mulai berantakan.

Misalnya, hormon kita akan menjadi aneh, tidur menjadi kacau, dan kita mulai menambah berat badan di area yang belum pernah kita alami sebelumnya.

Baca juga: Tips Langsing ala Meghan Markle, Mudah Dipraktikkan

"Mengurangi jumlah karbohidrat atau memakannya seimbang dengan protein dapat membantu," terangnya.

"Makanlah setidaknya lima porsi sayuran sehari dan usahakan untuk makan antara 80-120 gram protein per hari," sambung dia.

Selain itu, Reisdorf juga merekomendasikan untuk membatasi kafein hingga dua cangkir kopi per hari untuk menghindari gangguan tidur dan hormon yang sangat penting, serta membatasi alkohol tidak lebih dari dua minuman per hari.

3. Mengurangi makanan yang digoreng

Meskipun makanan yang digoreng harus dikurangi pada usia berapa pun, lebih penting lagi untuk menghilangkannya seiring bertambahnya usia.

Ahli gizi sekaligus penulis The Candida Diet, Lisa Richards mengungkapkan bahwa pada usia 40 dan 50 tahun, metabolisme kita sudah mulai melambat.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com