Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Musim Hujan dan Pandemi, Ini Cara Jaga Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 13/12/2021, 09:43 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan. Walau musim ini memberi iklim yang lebih sejuk, penting untuk menjaga daya tahan tubuh, terlebih kita masih berada di masa pandemi.

Para ahli menyebutkan, peningkatan partikel air di udara membuat kita beresiko dua kali lipat terkena berbagai infeksi yang ditularkan melalui udara.

Hal ini disebabkan kandungan air yang tinggi di udara memungkinkan berbagai mikroorganisme berbahaya berkembang biak lebih cepat daripada di iklim yang lebih hangat dan lebih kering.

Penyakit yang terkait saluran pernapasan termasuk yang sering diderita masyarakat. Hal itu antara lain tercermin dari keluhan para pengguna konsultasi dokter online di aplikasi Good Doctor, pada periode Oktober - November 2021.

"Tren Diagnosis yang meningkat yang menunjukkan bahwa kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mendominasi kategori telekonsultasi yang ditangani tim Good Doctor," kata Head of Medical PT Good Doctor Technology, Adhiatma Gunawan.

Baca juga: 11 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan, Tak Cuma Flu

Ia memperingatkan bahwa tren yang mengkhawatirkan ini akan terus meningkat jika tindakan pencegahan kesehatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh tidak dilakukan.

"Tren diagnosis menunjukkan peningkatan ISPA sebesar 1—2 persen setiap minggunya dan diprediksi akan meningkat menjadi 10 persen pada minggu-minggu berikutnya," ujarnya.

ISPA adalah infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan dapat menular ke orang lain. Bagian tubuh yang terkena dapat berupa hidung, sinus, faring, dan laring.

Gejala yang mungkin dirasakan antara lain pilek, bersin, batuk, dan hidung tersumbat.

Dijelaskan oleh dr.RA Adaningar Sp.PD dalam webinar GoodTalkSeries, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di musim penghujan.

"Pastikan nutrisi yang kita konsumsi baik. Nutrisi bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Apabila tidak dapat memenuhi kebutuhan harian yang diharuskan, kita bisa menambahkan suplemen," kata dokter yang akrab disapa Ning ini.

Baca juga: Membedakan Gejala Pilek, Flu dan Covid-19

Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya melakukan aktivitas fisik yang meliputi peregangan, latihan aerobik, hingga latihan beban.

Tidur juga berkaitan dengan sistem imun dan stres, karenanya pastikan kita cukup tidur setiap malam.

"Orang yang kurang tidur pasti mudah marah, mudah cemas, dan mudah stres," paparnya.

Di masa pandemi ini, protokol kesehatan pun harus tetap dilakukan walau kita sudah divaksin.

Selain rutin berolahraga, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan tips agar tetap sehat selama musim hujan, meliputi:


• Siapkan baju, sepatu, dan kaus kaki kering
• Konsumsi minuman hangat non kafein
• Perbanyak makan buah
• Selalu sedia payung Jangan cemari lingkungan dengan rokok
• Jaga rumah dari serangan nyamuk

Baca juga: Kenali Penyebab ISPA, Gejala, Pencegahan, dan Waktu Tepat ke Dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com