Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai Dr. Martens di Kota Kasablanka, Terbesar dan Lebih Lengkap

Kompas.com - 14/12/2021, 10:55 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu bot Dr. Martens pertama diluncurkan pada tanggal 1 April 1960. Sepatu yang kemudian dikenal sebagai seri 1460 (sesuai tanggal lahirnya) ini memiliki jahitan benang warna kuning, sol beralur dan heel-loop, ciri khas Dr. Martens.

Sepatu 1460 adalah bot untuk pekerja, yang awalnya dipakai oleh tukang pos dan polisi. Namun karena nyaman dipakai, tahan lama, dan ringan, sepatu jenis ini dipakai beragam individu, dari musisi hingga kelompok.

Sepatu Dr. Martens bahkan dijadikan identitas kelompok-kelompok tertentu, dan dipakai sebagai simbol perlawanan, kebebasan, hingga kreativitas.

Bukan hanya seri 1460, Dr. Martens juga membuat berbagai jenis sepatu dan melakukan banyak kolaborasi, terutama dua tahun belakangan ini.

Berawal dari pabrik Northamptonshire, di desa Wollaston, kini sepatu Dr. Martens bisa ditemukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kabar terbarunya, Dr. Martens membuka gerai ke enam di Indonesia, tepatnya di Kota Kasablanka, Jakarta pada bulan November 2021.

Gerai ini merupakan toko Dr. Martens terbesar dan terlengkap di Indonesia dengan luas 111 meter persegi.

Gerai Dr. Martens di Kota Kasablanka Gerai Dr. Martens di Kota Kasablanka
Mulai dari koleksi Autumn Winter 2021 terbaru hingga koleksi klasik bisa ditemukan di sana. Selain itu kita juga bisa menemukan koleksi aksesoris seperti tas, kaos kaki, tali sepatu dan insole.

Bagi mereka yang mencari koleksi kolaborasi dari Dr. Martens x Basquiat, Dr. Martens x King Nerd, dan Dr. Martens x Keith Haring, juga tersedia. Bahkan beberapa sepatu Dr. Martens Made in England juga ada, termasuk yang menggunakan kulit kuda dari Horween Leather.

Baca juga: Dua Karya Terkenal Basquiat Kembali Menghiasi Sepatu Dr. Martens

Desain unik dari Muklay

Gerai Dr. Martens yang berlokasi di Ground Floor Kota Kasablanka ini memiliki desain yang berbeda dari gerai-gerai sebelumnya, salah satunya berkat kolaborasi dengan mural artist, Muchlis Fachri, alias Muklay.

Gerai Dr. Martens di Kota Kasablanka Gerai Dr. Martens di Kota Kasablanka
Salah satu sisi gerai digambari Muklay dengan karya yang berjudul “Jakarta Belong To Us”. Menurut Muklay, selama pengerjaan mural ini dia mendapatkan pengetahuan baru bahwa Dr. Martens memiliki konsep “break in” dimana semakin lama sepatu digunakan, sepatu akan menyesuaikan bentuk dengan kaki pemakainya.

Hal ini menurutnya sangat sesuai dengan kota Jakarta dimana banyak sekali orang dari luar yang berdatangan untuk tinggal dan mencoba untuk “fit in” dengan kehidupan kota Jakarta.

Mural berukuran 2 x 1.5 m ini membuat interior gerai Dr. Martens Kota Kasablanka unik dibandingkan gerai-gerai Dr. Martens lainnya.

Dr. Martens secara global memang memilih beberapa gerai spesial untuk memiliki disain unik dan spesifik bekerja sama dengan artis-artis lokal.

Bagaimana, tertarik berkunjung?

Baca juga: Dr Martens Rilis Sandal hingga Sepatu Berhias Emas dan Perak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com