Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Kardashian Lulus Ujian Hukum, Sempat Gagal Tiga Kali

Kompas.com - 14/12/2021, 15:50 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang reality show dan sosialita, Kim Kardashian selangkah lebih dekat untuk menggapai impiannya menjadi seorang pengacara.

Wanita berusia 41 tahun ini baru saja membagikan cerita bahwa dia telah lulus "baby bar exam" atau ujian yang diambil oleh mahasiswa program studi hukum di tahun pertama. Sebelumnya Kim gagal dalam ujian tersebut.

Kim terlihat merayakan berita membahagiakan itu dengan bangga pada dirinya sendiri karena tidak menyerah di sepanjang jalannya yang tidak biasa menuju gelar sarjana hukum.

"Oh Tuhan, aku akhirnya lulus ujian!" tulisnya pada caption saat memposting sebuah foto di Twitter, Senin pagi (13/12/2021).

Baca juga: Positif Covid-19, Kim Kardashian Alami Gejala Ini

"Melihat ke cermin, aku sangat bangga dengan wanita yang melihat ke cermin hari ini. Bagi siapa pun yang tidak tahu perjalanan sekolah hukum ku, ini tidaklah mudah," terangnya.

Ibu empat anak yang sedang melalui proses perceraian dengan sang mantan, Kanye West, ini mengungkapkan bahwa dia telah gagal ujian sebanyak tiga kali dalam dua tahun.

Tetapi, dia selalu bangkit kembali dan belajar lebih keras untuk mencoba lagi sampai berhasil.

"Aku sempat terkena Covid-19 pada percobaan ke-3 dan demam, namun aku tidak menjadikannya sebagai alasan," katanya.

Tim pendukung reformasi penjara menjelaskan bahwa di California mahasiswa hukum harus mengikuti dua ujian untuk menjadi pengacara.

"Baby bar biasanya juga dikenal sebagai ujian mahasiswa hukum tahun pertama atau First-Year Law Students Examination (FYLSE) dengan tingkat kelulusan yang lebih sulit," terangnya.

Baca juga: Ingin Jadi Pengacara, Kim Kardashian 4 Tahun Magang di Firma Hukum

Kim juga mengatakan, banyak pengacara terkenal memberitahunya bahwa cara dia belajar hukum adalah perjalanan yang hampir mustahil dan lebih sulit daripada rute sekolah hukum tradisional.

"Namun itu adalah satu-satunya pilihan ku dan rasanya sangat menyenangkan berada di sini, di dalam perjalanan untuk mencapai tujuan ku," ungkapnya.

Mendapatkan banyak dukungan

Dalam rangka keberhasilannya, Kim juga berterima kasih kepada sahabatnya seorang politikus, Van Jones karena mendorongnya untuk mengejar kuliahnya, serta dua mentor pengacaranya, Jessica Jackson dan Erin Haney.

Dia juga mengungkapkan bahwa almarhum ayahnya yang juga pernah menjadi pengacara O. J. Simpson, Robert Kardashian, tentunya akan sangat bangga terhadap pencapaiannya.

"Aku diberitahu bahwa dia sering mengolok-olok orang-orang yang tidak lulus pada upaya pertama mereka seperti dia, tetapi dia akan menjadi pendukung terbaik ku," tuturnya.

Baca juga: Rambut Ekor Kuda Met Gala Kim Kardashian Bernilai 142 Juta Rupiah

"Intinya adalah jangan pernah menyerah bahkan ketika kita berpegang pada seutas benang, kita bisa melakukannya. Tetapkan pikiran kita untuk itu dan selesaikan karena rasanya sangat menyenangkan ketika kita berhasil," tambahnya.

Dalam Vogue edisi Mei 2019, pendiri Skims dan KKW Beauty ini juga mengungkapkan harapannya untuk menjadi seorang pengacara.

Dia mengatakan bahwa sekolah hukum akan membantunya menjadi pengacara yang lebih baik untuk reformasi penjara dan dia juga berharap untuk membuka firma hukumnya sendiri suatu hari nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com