Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Mengapa Penting Punya Tujuan bagi Diri Sendiri

Kompas.com - 21/12/2021, 12:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nur Ithrotul Fadhilah & Miletresia

DEMI mencapai sebuah kesuksesan perlu dilakukan berbagai cara. Salah satunya adalah menetapkan goals setting atau langkah-langkah untuk menggapai tujuan yang diinginkan.

Memiliki goals setting akan mendorong kita lebih terarah untuk mencapai suatu target.
Mempunyai tujuan yang jelas, terutama dalam dunia kerja akan menggambarkan bagaimana kualitas diri seseorang.

Selain itu, dengan adanya tujuan yang jelas, seseorang tidak hanya mengikuti arus dan terombang-ambing tanpa adanya target atau skala prioritas.

Baca juga: Mengulik Pentingnya Memiliki Tujuan Hidup

Edward Locke dan Gary Latham (1990) dalam penelitiannya yang berjudul “A Theory of Goal Setting and Task Performance” menjelaskan adanya keterkaitan antara tujuan dan kinerja seseorang terhadap tugas. Memiliki tujuan yang spesifik dan penuh tantangan akan meningkatkan kinerja daripada tujuan yang mudah.

Untuk membuat tujuan yang jelas, kita dapat menuliskannya agar kita dapat mengukur kinerja dan tujuan. Selain itu, dengan dituliskan, kita juga akan lebih mudah mengetahui permasalahan untuk dicari solusinya.

Lantas, hal-hal apa saja yang membuat tujuan penting bagi kita? Simak penjelasan berikut.

Tujuan dapat membuat fokus

Menurut laporan Codeofliving, seseorang mempunyai berbagai potensi dalam hidupnya. Namun, jika tidak memiliki tujuan yang jelas, hal tersebut akan terasa sia-sia. Seperti halnya menembak tanpa diberi target sehingga bingung menentukan arah tembakan.

Pada akhirnya, tujuan yang jelas akan memberi arah dalam hidup. Dengan menetapkan sebuah tujuan, maka akan jelas pula target yang hendak digapai. Adanya arah tujuan, memungkinkan pikiran kita untuk fokus daripada membuang energi untuk menggapai sesuatu yang abstrak.

Tujuan dapat mengukur kemajuan

Menetapkan tujuan dengan tolok ukur yang jelas akan sangat membantu untuk mengukur bagaimana kemajuan dari proses yang tengah dilakukan.

Contohnya saat memutuskan ingin menguasai bahasa Inggris dengan nilai Test of English as a Foreign Language (TOEFL) 550, maka kita dapat mengetahui sudah sejauh mana kemajuan yang dilakukan saat mengerjakan TOEFL. Apabila hasilnya belum mencapai target, artinya kita perlu belajar lagi..

Menciptakan akuntabilitas

Dilansir dari Personalexcellence, seseorang yang memiliki tujuan akan memiliki sikap bertanggung jawab pada segala hal. Tanggung jawab yang dimaksud adalah tanggung jawab kepada tujuan yang telah ditetapkan untuk diri sendiri.

Menetapkan target dan tujuan akan membuat diri kita tahu apakah mereka sudah berada pada jalur yang benar atau tidak. Jika berada pada jalur yang salah, mereka akan tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Memahami Tujuan Hidup, Rahasia Umur Panjang

Seperti halnya menetapkan tujuan untuk menyelesaikan sejumlah artikel dalam seminggu. Tujuan ini dapat memunculkan sikap tanggung jawab agar target tersebut tercapai. Setiap minggunya, kita akan mengevaluasi kinerja saat mengerjakan tujuan tersebut. Jika menemukan kegagalan, maka perlu mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya.

Tujuan dapat memotivasi diri

Tujuan yang jelas akan membantu memotivasi diri sendiri untuk memperjuangkan mimpi-mimpi atau keinginan yang terpendam. Tujuan yang jelas akan membantu mengingatkan pada hal-hal yang disukai sehingga dapat mengalihkan fokus dari hambatan negatif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com