Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran William Sekeluarga Dilarang Naik Helikopter, Apa Alasannya?

Kompas.com - 22/12/2021, 15:29 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pangeran William, Kate Middleton dan ketiga anaknya kini dikabarkan dilarang menumpangi helikopter untuk bepergian.

Larangan ini dikeluarkan Ratu Elizabeth karena mengkhawatirkan keselamatan cucu tertua sekaligus pewaris takhtanya itu. Bahkan, pimpinan monarki Inggris ini kerap tidak bisa tidur karena mencemaskan hal tersebut.

Ia khawatir soal risiko kecelakaan yang dapat menimpa keluarga tersebut jika terus-menerus bepergian dengan helikopter. Tragedi tersebut tentunya akan berdampak besar tak cuma bagi keluarganya namun juga untuk kelangsungan Kerajaan Inggris.

Baca juga: Pose Manis nan Hangat Keluarga Pangeran William pada Kartu Natal 2021

Pangeran William kini berada di urutan kedua suksesi Inggris dan hanya berada di belakang ayahnya, Pangeran Charles. Sedangkan anak-anaknya berada di posisi berikutnya untuk menjadi penerus takhta.

Tentunya, tragedi apapun yang menimpa anak sulung Putri Diana sekeluarga ini akan sangat disayangkan.

“Ratu tidak berpikir itu sepadan dengan risiko bagi mereka berlima untuk terus terbang bersama dan tidak dapat membayangkan apa yang akan terjadi. Itu akan memicu krisis konstitusional," ujar sumber yang merupakan orang terdekat ratu, dikutip dari Marie Claire.

Secara khusus, sebenarnya ada protokol kerajaan yang mengatur bahwa bangsawan yang berada di garis suksesi tidak diperbolehkan terbang dengan pesawat atau helikopter yang sama.

Artinya, Pangeran William tidak boleh bepergian dengan pesawat bersama ayahnya, Pangeran Charles maupun anak-anaknya.

Namun Ratu Elizabeth pernah melonggarkan aturan ini demi ketiga anak-anak Pangeran William yang masih kecil.

Baca juga: Kontroversi Pangeran Harry dan Kebiasaannya Naik Jet Pribadi

 

Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis begitu menyukai bepergian bersama orangtuanya termasuk dengan terbang bersama.

Mereka kerap bepergian naik helikopter dari Istana Kensington ke rumah pribadinya di Norfolk. Selain itu, Pangeran William dan Kate Middleton pernah membawa Pangeran George dalam penerbangan panjang naik helikopter di Australia dan Selandia Baru pada 2014 lalu.

"Ratu merasa keluarga itu akan memberikan masa depan cerah untuk kerajaan sehingga hal buruk yang terjadi pada mereka merupakan hal yang tidak terpikirkan," ujar sumber tersebut.

Selain itu, Pangeran William juga diminta untuk mengurangi intensitas mengendarai helikopter sendiri, khususnya ketika cuaca buruk. Ratu Elizabeth berharap ia akan memilih mode transportasi lain yang lebih aman dan biasa.

Baca juga: Analisis Bahasa Tubuh Putri Charlotte di Kartu Natal Kerajaan

Kakak Pangeran Harry itu memang dikenal sebagai pilot helikopter yang andal dan kerap terbang sendirian. Ia sempat bertugas di Royal Air Force sebagai pilot helikopter SAR yang khusus terbang saat cuaca buruk di atas Laut Irlandia dan pegunungan Welsh.

Pria berusia 39 tahun itu juga pernah bekerja sebagai pilot ambulan udara di East Anglia, daerah di sekitar kampung halamannya, Anmer Hall, Inggris.

Ratu Elizabeth disebut sangat percaya dengan kemampuan pria bergelar Duke of Cambridge ini namun kecemasannya sangat besar dan lebih penting dari itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com