Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2021, 20:36 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Hidup di masa pandemi menjadi pengingat yang kuat akan berharganya kesehatan. Tak heran jika mayoritas orang yang disurvei menjawab mereka ingin melakukan perubahan untuk meningkatkan kesehatannya.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat memang tidak bisa terjadi dalam satu malam. Kita bisa memulainya dengan langkah-langkah kecil.

Survei global yang dilakukan oleh Herbalife dan The Council of Responsible Nutrition itu menunjukkan, separuh responden mengatakan kini mereka berhasil berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah, dan 48 persen mengaku berhasil mengecilkan ukuran pingganggnya.

Untuk memulai hidup sehat yang berkelanjutan, Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley membagikan tipsnya:

Baca juga: Waspadai, 3 Asupan Tampak Sehat yang Bisa Picu Hipertensi

1. Makan dengan mempertimbangkan nutrisi
Kita semua tahu bahwa meningkatkan kebiasaan gaya hidup sehat dimulai di dapur, tetapi mungkin memerlukan beberapa ide untuk menginspirasi.

Saat ini, mempelajari sebuah resep baru lebih mudah dari sebelumnya. Anda hanya tinggal menggunakan mesin pencarian dengan kata kunci yang diinginkan. Dari internet Anda dapat menemukan menu makanan baru yang lezat dan sehat.

Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley. Dok Herbalife Chief Health and Nutrition Officer at Herbalife Nutrition, Dr. Kent Bradley.

2. Hindari junk food
Selain makan makanan sehat, penting juga untuk mengurangi, atau bahkan menghilangkan makanan cepat saji atau junk food dari daftar makanan Anda.

Kesuksesan dalam mempersiapkan menu makan sehat dimulai dengan membuat daftar sebelum pergi berbelanja. Membuat daftar belanja akan membuat Anda dapat memutuskan secara bijak apa saja yang akan dibeli di toko atau mini market.

Oleh karena itu, luangkan beberapa menit untuk merencanakan setidaknya beberapa makanan untuk seminggu ke depan, mungkin dengan merujuk beberapa ide yang dilihat dalam mesin pencarian.

Baca juga: Panduan Menu Harian Diet Mediterania, Diklaim Paling Sehat di Dunia

"Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya cenderung akan makan lebih sehat selama seminggu, tetapi Anda juga akan menghemat uang dengan menghindari membeli makanan cepat saji," kata Bradley.

3. Tambahkan suplemen vitamin
Menurut Bradley, suplemen dapat membantu mengisi kesenjangan nutrisi sepanjang tahun dan beberapa suplemen dapat mendukung kekebalan tubuh.

"Dengan mengonsumsi suplemen sebelum aktivitas olahraga dapat membantu mencapai rekor pribadi. Selain itu, dengan mendapatkan cukup protein dapat memperbaiki otot atau menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan," katanya.

4. Rutin berolahraga
Saat ini ada beberapa aplikasi yang dapat mendukung aktivitas kebugaran. Situs streaming gratis seperti HerbalifeNutritionFitness.com dapat memberikan latihan dan tips untuk membantu menjaga latihan tetap menyenangkan dan aman sehingga dapat menghindari cedera.

Berikutnya, pertimbangkan untuk bergabung dengan grup lari atau jalan kaki di luar ruangan.

Dengan bergabung suatu grup, Anda tidak hanya akan bertemu orang baru saja tetapi berolahraga dengan teman atau orang yang berpikiran sama akan membantu Anda tetap bertanggung jawab dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan.

"Yang paling penting, apapun yang Anda ingin lakukan, pilih aktivitas yang disukai dan menyenangkan sehingga Anda dapat konsisten untuk melakukannya," sarannya.

Baca juga: Kenali, Penyebab Kekelahan Berlebih Usai Olahraga

5. Prioritaskan tidur
Jadwal tidur memainkan peran besar dalam pemeliharaan berat badan dan mental alertness. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan yang dapat dengan cepat menggagalkan tujuan gaya hidup sehat Anda.

“Di mana pun posisi Anda berada dalam perjalanan pemeliharaan kesehatan dan kebugaran Anda saat ini, ketahuilah bahwa melakukan perbaikan gaya hidup sehat selalu dimulai dengan langkah-langkah kecil," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com