Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tren Kecantikan yang Akan Berkembang di 2022, Apa Saja?

Kompas.com - 31/12/2021, 12:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren kecantikan telah berkembang seiring berjalannya waktu. Di tahun 2021 saja, penggunaan produk-produk perawatan kulit (skincare) juga banyak mengalami peningkatan.

Hal ini tentu saja memicu eksplorasi dan eksperimen terhadap tren kecantikan lainnya yang akan berkembang lebih besar pada tahun 2022.

Para ahli kecantikan pun memprediksi akan muncul beragam tren kecantikan di tahun mendatang yang menarik banyak penggemar kecantikan atau beauty enthusiast, mulai dari perawatan yang alami hingga menggunakan teknologi robot.

Nah, bagi yang ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak tujuh tren kecantikan yang akan berkembang di tahun 2022 berikut ini.

1. Skincare berbasis DNA

Meskipun faktor lingkungan pasti berperan, kenyataannya gen kita sangat menentukan bagaimana kita menua, serta kecenderungan kita terhadap pigmentasi dan sensitivitas.

Itulah mengapa semakin banyak merek kecantikan yang memanfaatkan skincare berbasis DNA, produk yang dipesan lebih dahulu berdasarkan susunan genetik kita.

Skincare berbasis DNA biasanya meminta kita untuk mengirimkan sampel DNA dan tes online untuk mengumpulkan informasi tentang susunan genetik kita, menganalisis variasi dalam DNA kita, dan menerjemahkan data itu ke dalam rangkaian skincare yang disesuaikan.

Menurut laporan baru oleh Grand View Research, Inc., produk skincare berbasis DNA global ini diperkirakan akan mencapai nilai hampir 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 142 triliun pada tahun 2028.

Baca juga: Memilih Produk Skincare Sesuai Kebutuhan Kulit Lewat Tes DNA

2. Perawatan dengan teknologi robotik

Semakin berkembangnya teknologi, tren kecantikan di masa depan pun akan lebih banyak memanfaatkan teknologi seperti robot untuk melakukan perawatan.

Misalnya Nimble, perangkat yang menggunakan teknologi AI, kamera mikro, pemrosesan gambar 3D, dan algoritme teknologi untuk mengecat kuku kita.

Perangkat ini juga bekerja dengan memindai setiap kuku individu untuk mengidentifikasi di mana kuku mulai dan berakhir.

Perangkat kemudian secara mandiri mengecat kuku menggunakan jumlah cat yang tepat untuk manikur sempurna dalam 10 menit. Bahkan, alat ini mengintegrasikan sistem aliran udara hangat untuk mempercepat waktu pengeringan kuku kita.

Teknologi AI lain adalah Luum atau robot pertama untuk ekstensi bulu mata.

Robot Luum menghilangkan pekerjaan kasar yang membosankan dari perawatan bulu mata, yang digunakan manusia dan memberikan perawatan mikro-presisi yang dapat diselesaikan dalam waktu lebih singkat.

Para ahli pun memperkirakan gelombang AI ini akan membuat perawatan kecantikan lebih cepat, lebih murah, dan lebih populer dari sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com