Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apel dan Alpukat, Buah yang Dapat Bantu Turunkan Kolesterol

Kompas.com - 09/01/2022, 09:47 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kolesterol sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh untuk menjaga agar fungsi tubuh tetap optimal. Kendati demikian, kadar kolestreol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan risiko penyakit jantung.

Untungnya, kadar kolesterol sehat dalam tubuh bisa dijaga dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Makanan yang dapat menjaga angka kolesterol tetap dalam batas normal sebenarnya cukup banyak. Bahkan menurut sebuah studi, apel adalah salah satunya.

Harvard Health menemukan bahwa buah apel adalah salah satu di antara buah yang memiliki kandungan serat tertinggi dan mengandung serat larut yang disebut pectin.

Baca juga: Buah Apel Ternyata Mampu Jauhkan Risiko Kolesterol Tinggi

Nah, menurut Mayo Clinic, serat larut tersebut dapat menurunkam kadar LDL (low-density lipoprotein) alias kolestrol jahat kita dengan mengurangi kolestrol yang diserap ke dalam aliran darah.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan di European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin dalam apel tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tapi juga merupakan pektin terbaik untuk menurunkan kolesterol yang bersumber dari buah.

Selain apel, buah lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol adalah alpukat yang memiliki kandungan lemak sehat.

Menurut Harvard Health, lemak sehat dalam alpukat bisa menggantikan lemak yang tidak sehat, dan berujung membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Baca juga: Satu Alpukat Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com