Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2022, 09:17 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber the spurce

KOMPAS.com - Saat ini, microwave dianggap sebagai perangkat dapur yang praktis karena dapat memanaskan makanan, menghangatkan sisa makanan, atau membuat makanan ringan dengan cepat.

Melihat banyaknya tugas microwave untuk kebutuhan dapur, maka perangkat ini juga perlu dibersihkan untuk mencegah microwave menjadi kotor atau rusak.

Untungnya, membersihkan microwave adalah perkara sederhana. Kita dapat menggunakan lemon dan baking soda dari dapur untuk membuat microwave tampak lebih bersih dan segar.

Frekuensi pembersihan

Frekuensi pembersihan microwave tergantung pada seberapa hati-hati kita menutupi makanan yang hendak dipanaskan  dan seberapa sering kita menggunakannya.

Baca juga: 7 Manfaat Lemon untuk Bersih-bersih, Sudah Tahu?

Untuk sebagian besar rumah tangga, pembersihan mingguan adalah waktu yang tepat.

Namun, apabila kita menggunakannya dengan ceroboh, maka kita harus memeriksa microwave setelah setiap kali digunakan untuk melihat adanya noda percikan dan tumpahan.

Setelah noda percikan makanan melalui beberapa siklus pemanasan, maka ini jauh lebih sulit untuk dihilangkan karena terlalu banyak penumpukan sisa makanan yang dapat mengganggu kinerjanya.

Tak hanya bagian dalam microwave, panel kontrol dan pegangan juga harus sering dibersihkan, setidaknya setiap hari dengan menggunakan lap desinfektan untuk menghilangkan bakteri yang berpindah dari tangan.

Langkah-langkah membersihkan

1. Menambahkan lemon

Tuangkan satu cangkir air ke dalam mangkuk tahan microwave atau cangkir besar. Iris satu lemon dan tambahkan ke cangkir.

Jika kita tidak memiliki lemon segar, maka kita dapat menambahkan tiga sendok makan jus lemon botolan.

Apabila kita tidak punya juga alternatif lainnya adalah menggunakan irisan jeruk nipis, air jeruk nipis, kulit jeruk bali, atau kulit jeruk.

Pengganti lain yang baunya tidak begitu enak adalah cuka putih suling yang bisa ditambahkan satu setengah cangkir ke dalam air.

2. Biarkan campuran air dan lemon mendidih

Masukkan campuran air dan lemon ke dalam microwave.

Atur kontrol pada suhu tinggi sehingga air mendidih cukup lama untuk menghasilkan uap yang melapisi bagian dalam microwave.

Baca juga: Lemon untuk Penderita Asam Lambung, Baik atau Bahaya?

Setelah bagian dalam microwave dilapisi uap, jangan buka pintunya setidaknya selama lima menit.

Halaman:
Sumber the spurce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com