Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Dongeng: Tradisi Kasih Sayang Orangtua kepada Anak

Kompas.com - 14/01/2022, 07:24 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan & Ristiana D Putri

MASA kanak-kanak adalah tahap awal perkembangan manusia yang dapat dikatakan istimewa.

Menurut literatur yang dipublikasi oleh Departemen Pendidikan Nasional, pada tahap ini, perkembangan kecerdasan anak meningkat dari 50 persen menjadi 80 persen.

Selain perkembangan kecerdasan, sensitivitas dan motorik juga turut meningkat sehingga dibutuhkan kondisi dan rangsangan yang sesuai agar mencapai masa keemasan (the golden years).

Perkembangan yang terjadi pada masa ini haruslah disokong oleh peran orangtua. Sedari dulu, berbagai usaha dilakukan untuk membantu tumbuh kembang anak, seperti bermain, menemani belajar, atau mendongeng.

Semua kegiatan itu tentunya dilakukan bersama anak.

Mendongeng atau aktivitas bercerita adalah salah satu usaha yang dapat membantu daya imajinasi dan membentuk karakter anak.

Aktivitas dari masa ke masa ini umumnya dilakukan untuk menemani anak dari menjelang tidur hingga terlelap.

Dengan demikian, kedekatan orangtua dengan anak dapat berjalan secara menyenangkan.

Untuk merayakan Hari Ibu pada 18 Desember, Media Anak Grid Network bersama Medio Podcast Network menyelenggarakan lokakarya daring bertajuk “Bangun Kedekatan Orangtua dengan Anak Melalui Dongeng”.

Selain itu, acara ini juga mempromosikan pemahaman tentang cara mendongeng yang baik dan menyenangkan.

Gery Saleh Puraatmadja, atau kerap disapa Paman Gery, merupakan pendongeng yang menjadi pembicara utama dalam acara ini.

Di sini, ia memberikan tips cara-cara mendongeng yang dapat diterapkan oleh orangtua.

Pembacaan yang menjiwai

Tips pertama yang diberikan oleh Paman Gery adalah pembacaan dongeng dengan nyaring (read aloud).

Metode ini terbilang mudah karena orangtua hanya membacakan dongeng dengan jelas, juga memberikan penjiwaan sehingga cerita yang didongengkan terkesan lebih hidup.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com